Lantik 593 Perwira Muda di Tengah Guyuran Hujan, KSAD Jenderal Dudung: Jadi Tangguh dan Diandalkan TNI AD
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman melantik 593 Perwira Muda abituren Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AD/Via ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman melantik 593 Perwira Muda abituren Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AD Program Diploma-3 (Ahli Madya) Gelombang I TA 2022 di tengah guyuran hujan, di Bumi Panorama Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) Bandung hari ini. 

Jenderal Dudung mengingatkan agar para perwira yang baru dilantik tersebut segera menyesuaikan diri dengan perubahan status baru yang semula golongan Bintara menjadi golongan Perwira.

"Yang semula dipimpin, sekarang kalian menjadi pemimpin sehingga dengan berbekal pendidikan yang telah ditempuh dengan disiplin dan standar tinggi serta pengalaman tugas yang telah dilewati selama pengabdiannya di lingkungan TNI AD. Saya yakin kalian akan mampu menjadi Perwira yang tangguh dan dapat diandalkan TNI AD," kata Dudung dalam siaran persnya, Antara, Sabtu, 16 Juli malam. 

Mantan Pangkostrad pun berharap para perwira dapat bersikap secara profesional, kreatif dan inovatif dalam mengemban tugas, sehingga mampu menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks dan dinamis.

"Selalu pegang teguh nilai luhur dan norma Kode Etik Perwira 'Budhi Bakti Wira Utama'. Pemahaman ini harus senantiasa menyatu dalam diri untuk membentuk karakter serta integritas para Perwira sekalian, sekaligus menjadi landasan kehidupan keperwiraan, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari," tutur Dudung.

Dalam kesempatan itu, Dudung menekankan kepada para Perwira untuk terus mengembangkan jiwa kepemimpinan "Green Human Resource Management".

Yaitu, kepemimpinan yang mengayomi, memberikan keteduhan dan kesejukan dengan mengutamakan kedekatan dengan yang dipimpin.

"Ciptakan keterbukaan, kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan di satuan mu, karena pemimpin harus dapat berperan sebagai komandan, guru/pelatih, orang tua, maupun teman seperjuangan agar senantiasa dekat dengan prajurit beserta keluarganya," ujar Dudung.

Pada kesempatan tersebut, Kasad memberikan penghargaan kepada peraih prestasi tertinggi yakni Letda Inf Yongki yang meraih penghargaan tertinggi Trisakti Wiradhika.

Untuk peraih penghargaan Adi Wiradhika pria terdiri dari Letda Inf Yongki, Letda Cpl Ramansyah P. dan Letda Inf Chiko. Sedangkan peraih penghargaan Adi Wiradhika Kowad terdiri dari Letda Caj (K) NIW Lestari E, Letda Cba (K) Vera W., dan Letda Cpm (K) Devina O.

Perlu diketahui, Secapaad juga menyelenggarakan Pendidikan Diktukpa TNI AD Program Diploma-3 (Ahli Madya) yang merupakan program baru dan pertama kali dilaksanakan Angkatan Darat di Secapaad. Di mana program baru tersebut menggunakan sistem SKS dengan lama pendidikan 5 bulan, sehingga lulusannya disetarakan dengan Diploma-3 atau Ahli Madya.

Selain melantik Perwira abituren Diktukpa TNI AD TA 2022, Kasad juga meresmikan bangunan Barak Soetoyo yang merupakan barak lama namun sudah direnovasi guna mendukung fasilitas pendidikan di Secapaad.

Turut hadir pada upacara tersebut diantaranya Irjenad, Pangkostrad, Dankodiklatad, Danpussenif Kodiklatad, Pangdam III/Slw, Kapolda Jabar, para pejabat utama TNI AD, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana dan pejabat utama Secapaad.