Puncak Kepadatan Libur Sekolah 16-17 Juli, Polisi Siapkan <i>One Way</i> di Jalur Bandung-Garut
Sejumlah personel Satlantas Polres Garut bersiaga melakukan pengamanan jalur Bandung-Garut. (ANTARA/HO-Satlantas Polres Garut)

Bagikan:

GARUT - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut menyiagakan sejumlah personel di jalur utama Garut-Bandung untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas kendaraan di akhir musim libur sekolah.

"Hari ini kami menyiagakan seluruh personel lalu lintas di dua jalur untuk mengantisipasi kemeriahan kendaraan agar tidak terjadi kepadatan, perkiraan kami puncak kepadatan akan terjadi pada Minggu (17 Juli)," kata KBO Satlantas Polres Garut Iptu Suarna saat pengamanan jalur utama di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat 15 Juli.

Ia menuturkan, personel Satlantas Polres Garut sudah disiagakan di jalur utama Bandung-Garut yakni di jalur Limbangan-Malangbong dan jalur Kadungora-Leles.

Jalur itu, kata dia, seringkali ramai dilintasi kendaraan roda dua maupun empat terutama pada musim libur, seperti sebelumnya pada libur Iduladha arus kendaraan cukup padat.

Jika terjadi kepadatan maka jajarannya memberlakukan jalur satu arah untuk menguras kendaraan dari Garut menuju Bandung.

"Hampir setiap hari kami melakukan CB (cara bertindak) 'one way' untuk menguras kendaraan, baik yang mengarah Bandung maupun Tasikmalaya," katanya.

Ia menyampaikan kepadatan arus kendaraan pada momentum akhir libur sekolah diprediksi akan terjadi pada 16-17 Juli, karena besoknya kegiatan sekolah kembali dimulai.

Jika saat puncak nanti terjadi kepadatan, kata dia, jajarannya sudah siap melakukan tindakan cepat, salah satunya dengan memberlakukan sistem jalur satu arah.

"Kami minta kepada masyarakat ketika sedang dilakukan 'one way' untuk bersabar, karena langkah yang kami lakukan adalah untuk kebaikan bersama," ujarnya disitat Antara.

Terkait kondisi arus lalu lintas saat ini, kata Suarna, terpantau ramai lancar di jalur Kadungora-Leles, maupun di Limbangan-Malangbong.

"Untuk hari ini kondisi arus lalu lintas di jalur Kadungora-Leles dan Limbangan-Malangbong lancar," pungkasnya.