Survei Charta Politika: Ganjar Pranowo Tertinggi di Jawa Timur, Anies Kedua
Ganjar Pranowo/Foto: VOI

Bagikan:

JAKARTA - Elektabilitas Ganjar Pranowo teratas disusul Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa. Hal itu terpotret dalam hasil survei Charta Politika Indonesia yang dilakukan di Jawa Timur pada Juni 2022. 

"Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti Anies dan Khofifah," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam hasil survei yang dibagikan kepada wartawan, Kamis, 14 Juli. 

Dalam simulasi pertanyaan tertutup elektabilitas 10 nama calon, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan pertama dengan perolehan 31,8 persen. 

Disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 17,0 persen dan diposisi ketiga ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 15,0 persen. 

Posisi keempat ditempati Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, kelima Ketua DPR Puan Maharani 4,2 persen, keenam Agus Harimurti Yudhoyono 2,6 persen. 

Posisi ketujuh diisi Menteri BUMN Erick Tohir dengan elektabilitas 1,7 persen, kedelapan Menparekraf Sandiaga Uno 1,6 persen, kesembilan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 0,6 persen dan kesepuluh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 0,2 persen.   

Tidak hanya dilakukan di Provinsi Jawa Barat, survei ini juga dilakukan serentak di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 24-30 Juni 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden per provinsi dan margin of error (MoE) ± 2,83 persen. 

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen.