KM LPI Terbakar di Perairan Paiton Pelabuhan Probolinggo, 25 ABK Selamat
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

SURABAYA - Kapal ikan ludes terbakar di perairan Terminal Khusus Paiton Pelabuhan Probolinggo, Jawa Timur. Kapal Lautan Papua Indah itu terbakar saat berlabuh di perairan tersebut.

"Kapal masih dilakukan pemadaman oleh Kapal Tugboat yang sedang berlabuh di Wilayah Terminal Khusus Paiton, perkembangan lebih lanjut akan kami laporkan berikutnya," kata perwakilan Humas Basarnas Surabaya, Tholeb Vatelehan, dikonfirmasi, Selasa, 12 Juli.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Sebanyak 25 anak buah kapal (ABK) selamat, dan berhasil dievakuasi. Saat ini, ada empat kapal melakukan pemadaman di kapal itu, yakni kapal Tugboat (TB) Banyak, TB JKW Pelita 1, TB Intan Megah 20 dan TB Bomas Potenza.

Tholeb mengatakan, peristiwa itu bermula ketika KM LPI milik PT Wogikel Papua Jaya berangkat dari terminal khusus Paiton, Kabupaten Probolinggo, sekitar pukul 10.45 WIB untuk berlayar mencari ikan ke Laut Aru, Laut Arafuru dan Laut Timor bagian timur.

Total penumpang di kapal nahas itu sebanyak 25 orang, terdiri dari 19 anak buah kapal (ABK) KM LPI dan enam ABK titipan. Begitu berlayar sekira pukul 14.45 WIB, kapal mengalami kebakaran.

"Berdasarkan video yang beredar, api berkobar sangat besar melahap badan kapal hingga asap membubung tinggi," ujarnya.

Tim gabungan dari SAR juga turun tangan membantu mengevakuasi korban dan memadamkan api. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto mengatakan petugas dari Ditpolair Polda Jatim dan TNI Angkatan Laut juga turut membantu korban.

"Untuk ABK 25 orang selamat dan sekarang dievakuasi di Pelabuhan Perikanan Probolinggo," katanya.