Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov menyebut negaranya tengah menyiapkan satu juta tentara yang dilengkapi senjata Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), untuk merebut kembali wilayah selatan yang diduduki Rusia.

Merebut kembali wilayah di sekitar pantai Laut Hitam sangat penting bagi perekonomian negara, kata Oleksii Reznikov. Pernyataan itu datang ketika Rusia membuat kemajuan dalam mengambil wilayah di wilayah Donbas timur.

Dalam wawancaranya dengan surat kabar The Times, Reznikov memuji Inggris sebagai 'kunci' dalam transisi, dari menyediakan senjata era Soviet ke Ukraina ke sistem pertahanan udara dan amunisi berstandar NATO. Meski demikian, dia mengatakan pengiriman senjata perlu dipercepat.

"Kami membutuhkan lebih banyak, dengan cepat, untuk menyelamatkan nyawa tentara kami. Setiap hari kami menunggu howitzer, kami bisa kehilangan seratus tentara," ujarnya melansir BBC 11 Juli.

"Kami memiliki sekitar 700.000 angkatan bersenjata dan ketika Anda menambahkan penjaga nasional, polisi, penjaga perbatasan, kami memiliki sekitar satu juta orang," papar menteri pertahanan.

Namun, Dr Jack Watling, peneliti senior di Royal United Services Institute, memperingatkan angka tersebut.

"Ini bukan kekuatan sejuta kekuatan yang akan melakukan serangan balik," sebut Watling kepada BBC.

"Biasanya Anda menginginkan kejutan operasional ketika Anda meluncurkan serangan balik, jadi mengumumkannya secara terbuka sebagian adalah tentang memaksa Rusia harus mengerahkan sumber daya lebih luas untuk menjaga dari ancaman ini," ungkap Watling.

Oleksii Reznikov mengatakan, serangan untuk merebut kembali beberapa wilayah yang diambil oleh Rusia "secara politis sangat diperlukan".

Ini juga penting secara ekonomi, paling tidak untuk mencoba melanjutkan ekspor gandum Ukraina melalui pelabuhan Laut Hitam.

Ukraina dinilai percaya, sementara Rusia memfokuskan upaya militernya di timur, sekarang adalah saat yang tepat untuk mencoba merebut kembali bagian selatan. Tetapi kenyataannya, sebagian besar upaya dan sumber daya militer Ukraina telah dikonsumsi oleh pertempuran sengit di Donbas.

Kepercayaan Ukraina telah didorong oleh pasokan sistem artileri jarak jauh yang lebih canggih dari negara-negara Barat pimpinan Amerika Serikat, tetapi masih belum dalam jumlah yang dibutuhkan Kyiv.

Hal tersebut dinilai untuk moral, tetapi bisa dengan mudah terhenti. Sejauh ini operasi kontra-ofensif Ukraina di sekitar Kharkiv dan Kherson hanya memiliki keberhasilan yang terbatas. Mereka masih membutuhkan waktu untuk membangun kembali pasukan mereka.