Di Survei Charta Politika, Sandiaga Jadi Cawapres Tertinggi di Tiga Provinsi
Sandiaga Uno (Foto via Kementerian)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Charta Politika merilis survei elektabilitas calon wakil presiden di provinsi Lampung, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjadi jawara di tiga provinsi tersebut.

Di wilayah Lampung, elektabilitas Sandiaga mencapai 24 persen. Lalu disusul Erick Thohir dengan 23,6 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono sebesar 10,5 persen.

"Pada simulasi elektabilitas Wakil Presiden, nama Sandiaga Uno unggul atas nama-nama lainnya," ujar Direktur Eksekutif Charta Politik Yunarto Wijaya, Rabu 6 Juli.

Di Sumatera Utara, elektabilitas Sandiaga sebesar 31 persen. Sedangkan di posisi kedua ada AHY dengan 15,5 persen, dan Prabowo dengan 23,4 persen.

Kalau di Sumatera Selatan, elektabilitas Sandiaga sebesar 38,8 persen. Kemudian diikuti oleh AHY dengan 9,1 persen, dan Ridwan Kamil dengan 6,3 persen.

Charta Politika menyelenggarakan survei pada tanggal 2 hingga 7 Juni 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 800 responden untuk setiap provinsi.

Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Margin of error survei +/- 3,47 persen.