Mimpi Rakyat Nigeria Punya Presiden Seperti Donald Trump
Presiden AS Donald Trump (Instagram/@RealDonaldTrump)

Bagikan:

JAKARTA - Dukungan untuk Donald Trump terbentuk di Nigeria. Ratusan orang turun ke jalan untuk menyatakan dukungan terbuka untuk Trump yang tengah berkontestasi dalam Pilpres Amerika Serikat (AS).

Melansir Reuters, Selasa, 3 November, ratusan warga  tempak memenuhi jalanan Kota Onitsha. Mereka menyatakan kekaguman pada gaya kepemimpinan Trump.

"Presiden Trump, semoga kami bersorak gembira atas kemenangan Anda," kata koordinator kampanye, Daddy Hezekiah.

Mereka yang hadir mengenakan kostum khusus dan mengibarkan bendera AS. Beberapa juga membawa lukisan Trump yang mengenakan pakaian tradisional khas Nigeria karya seniman Peter Udoakang. Selain dibawa dalam demo, lukisan itu juga disebar di seantero Onitsha.

"Saya membuat lukisan ini untuk membawanya lebih dekat dengan kita," kata seniman 23 tahun itu.

Peter menambahkan bahwa pendekatan "radikal" ala Trump justru banyak menarik minat warga Nigeria. Kata peter, pendekatan Trump sangat cocok dengan warga Nigeria yang telah terbiasa bertahan di tengah ekonomi yang sulit.

Tak hanya Peter. Salah seorang yang ikut mendukung Trump, Michael Onyeonoro juga mengungkap kekaguman dengan kepemimpinan Trump. Onyeonoro bahkan menyatakan harapan Nigeria memiliki pemimpin seperti Trump.

"Jika kita memiliki orang seperti Trump, Nigeria akan menjadi tempat yang lebih baik untuk tinggal. Tidak perlu pergi ke luar negeri," kata Onyeonoro.

Sebelumnya, dalam jajak pendapat yang dilakukan Pew Research Center pada bulan Januari, terungkap bahwa 58 persen orang Nigeria percaya pada Trump. Sama dengan Pew Research Center, jajak pendapat Gallup tahun 2020 juga menunjukkan 56 persen orang Nigeria mendukung Trump.