Ekspor Kalajengking Banyuwangi Tujuan Korsel Digagalkan Petugas Bea Cukai Bandara Soetta
Ilustrasi hewan kalajengking/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Bea Cukai Soekarno Hatta (Soetta) berhasil menggagalkan penyelundupan ekspor kalajengking tujuan Korea Selatan (Korsel) melalui Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Diketahui, kalajengking berasal dari Banyuwangi yang akan dikirim melalui jalur ekspor umum pada Jumat 1 Juli lalu.

“Kami mendapat informasi adanya pengiriman binatang hidup kalajengking ke Korea Selatan. Berdasarkan informasi tersebut tim penindakan Bea Cukai Soekarno Hatta melakukan pemeriksaan dan berhasil menggagalkan penyelundupan ekspor binatang hidup berupa kalajengking seberat 5 kilogram melalui ekspor umum,” kata Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Soetta Zaky Firmansyah berdasarakan rilis yang diterima, Selasa, 5 Juli.

Dalam pemeriksaan, lanjut Zaky, ekspor tersebut berisi barang berupa binatang hidup kalajengking sejumlah 100 ekor dengan kondisi 82 hidup dan 18 mati, yang dikemas dalam plastik bening dan pipa paralon tanpa dilengkapi izin instansi terkait berupa perizinan SATS-LN (CITES).

Barang ekspor tersebut kemudian dilakukan pencegahan dan sudah diserah terima kepada Karantina Hewan Bandara Soekarno Hatta untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku.