FIA Tawarkan Jakarta Gelar Balapan Formula E 2 Hari Tahun 2023, Panitia: Belum Tentu Diambil
Formula E/Foto: VOI

Bagikan:

JAKARTA - Federation Internationale de l'Automobile (FIA) atau Federasai Otomotif Dunia mengeluarkan kalender sementara balapan Formula E pada musim kesembilan di tahun depan.

Dalam kalender sementara itu, tercatat jadwal balapan Formula E di Jakarta digelar 2 hari, yakni pada tanggal 3 dan 4 Juni 2023.

Saat dikonfirmasi, VP Communication Organizing Comite Formula E Jakarta, Iman Sjafei menyebut jadwal dua hari balapan baru sekadar penawaran FIA kepada Jakarta. BUMD PT Jakpro selaku penyelenggara dan panitia belum memutuskan apakah akan menyanggupi balapan dua hari tersebut.

"Belum tentu diambil karena keputusan final dari Jakarta belum keluar. Sebenarnya, ini disediakan saja sama FIA kalau Jakarta boleh dua hari. Tapi konfirmasi akhir ada di kita," kata Iman saat dihubungi, Senin, 4 Juli.

Iman mengungkapkan, Jakarta masih memiliki waktu untuk memilih balapan hanya digelar satu hari atau menyanggupi dua hari. Mengingat, tenggat waktu konfirmasi untuk menetapkan jadwal balapan masih dua bulan lagi, yakni pada September 2022.

Lagipula, lanjut dia, kepanitiaan Formula E Jakarta yang telah terselenggara di Ancol pada 4 Juni lalu sudah dibubarkan dan belum dibentuk kembali.

"Kepanitiaan atau OC kayaknya akan kepanitiaan baru, tapi enggak tahu apakah orangnya ada yang lama lama, atau ada yang baru juga. Kepanitiaan yang kemarin udah dibubarkan," tuturnya.

Dilihat dari unggahan kalender sementara Formula E 2023 dalam akun Instagram fiaformulae, kota pertama yang bakal menggelar balapan sebagai pembuka musim kesembilan adalah Mexico City, Mexico, pada 14 Januari 2023. Balapan musim kesembilan ditutup di London, Inggris pada 30 Juli 2023.

https://www.instagram.com/p/CfZYfejq0Ic/

Berikut adalah kalender sementara Formula E musim kesembilan:

1. Mexico City, Mexico: 14 Januari

2. Diriyah, Saudi Arabia: 27 Januari

3. Diriyah, Saudi Arabia: 28 Januari

4. Hyderabad, India: 11 Februari

5. To be Determined: 25 Februari

6. To be Determined: 11 Maret

7. Sao Paulo, Brazil: 25 Maret

8. Berlin, Jerman: 23 April

9. Monaco, Monaco: 6 Mei

10. Seoul, Korea Selatan: 20 Mei

11. Seoul, Korea Selatan: 21 Mei

12. Jakarta, Indonesia, 3 Juni

13. Jakarta, Indonesia, 4 Juni

14. To be Determined: 24 Juni

15. Roma, Italia: 15 Juli

16. Roma, Italia: 16 Juli

17. London, Inggris: 29 Juli

18. London, Inggris: 30 Juli