Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin menyebut pihaknya masih mengupayakan gelar Formula E 2024 dengan mengubah jadwal penyelenggaraannya.

Hal ini menindaklanjuti keputusan federasi otomotif internasional, FIA Formula E yang mencoret Jakarta sebagai penyelenggara dalam kalender Formula E seri balapan tahun depan akibat berbenturan dengan agenda Pemilu 2024.

"Jakpro saat ini tengah melalui beberapa tahapan komunikasi dan koordinasi secara intensif bersama FEO (Formula E Operation) terkait perubahan jadwal penyelenggaraan kejuaraan dunia balap mobil listrik Formula E di Jakarta," kata Iwan dalam keterangannya, Selasa, 23 Oktober.

Iwan menguraikan pihaknya mempertimbangkan efektivitas penyelenggaraan ajang balap mobil international di tengah proses demokrasi dalam negeri yang akan berjalan nantinya.

Di sisi lain, Iwan mengaku memahami bahwa kalender FIA yang ditayangkan tersebut memiliki dampak Global terhadap negara-negara yang terlibat di dalamnya.

"Kami mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh FIA dan FEO terhadap pesta demokrasi Indonesia tahun depan yang akan menjadi perhatian dan konsentrasi utama bagi seluruh pihak yang sama-sama ingin memastikan kelancaran Pemilihan Umum 2024," urainya.

Jakarta sebenarnya dijadwalkan menggelar balapan Formula E di Sirkuit Internasional E-Prix Ancol pada 8 Juni 2024. Namun, jadwal itu berbenturan dengan agenda pemilihan umum (pemilu).

Akibat Pemilu 2024, Federasi Otomotif Internasional (FIA) belakangan mengeluarkan Jakarta dalam kalender balapan musim kesepuluh kejuaraan dunia Formula E ABB FIA.

"Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni tidak akan dilanjutkan setelah pengumuman masa kampanye dalam pemilihan presiden Indonesia selama sebagian besar bulan Juni," demikian pernyataan resmi dari Formula E.

"Ini akan berdampak pada logistik pengiriman balapan di jalan-jalan ibu kota pada saat yang sama. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota pada tanggal alternatif," lanjut pernyataan tersebut.

Sebelum menjalani musim kejuaraan tahun 2024, para pembalap akan melakoni uji coba di sirkuit Valencia, Spanyol pada 23-27 Oktober mendatang.

Formula E musim ini untuk pertama kalinya akan digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, Shanghai, China dengan melangsungkan dua seri balapan yang akan berlangsung pada Sabtu, 25 Mei dan Minggu, 26 Mei 2024.