Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Ajak Generasi Muda Berperan Aktif di Forum G20
Anies Baswedan dan Ridwan Kamil saat menghadiri Forum Y20 di Jakarta, Sabtu 2 Juli 2022. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau generasi muda untuk berperan aktif dalam forum G20.

Isu terkait pemuda yang dapat dipertimbangkan oleh pemuda Indonesia termasuk transformasi digital, pekerjaan masa depan, keberlanjutan dan membangun planet yang layak huni, serta persatuan dan keragaman.

Semoga para pemimpin G20 dapat menampung pesan dan ide para pemuda, kata Anies dalam jumpa pers virtual bersama Kamil di sela-sela Youth 20 (Y20) Summit di Jakarta, Sabtu.

“Jakarta mendukung penuh KTT G20, dan kami berharap rekan-rekan Y20 dapat membuat komunike dan menyampaikannya kepada Presiden sebagai ketua G20,” ujar Anies Baswedan, seperti dikutip Antara.

KTT Y20 sangat penting sekarang karena Jakarta dan Jawa Barat adalah wilayah penting, tambah Baswedan. Oleh karena itu, komunike tersebut akan menjadi pernyataan atau kesepakatan bersama yang akan menentukan arah KTT Y20.

“Jakarta adalah kota yang beragam dari segi sosiologis dan ekonomi. Kami siap memfasilitasi peserta untuk merasakan kesatuan kota ini. Kesatuan dibangun dari keragaman,” ujarnya.

Sementara itu, Kamil mengatakan masa depan adalah milik pemuda. Oleh karena itu, generasi senior harus menjaga momen ini dengan sebaik-baiknya untuk mewariskan masa depan yang lebih baik kepada mereka.

Kamil menyoroti perdamaian dan semangat antikolonialisme.

"Pesan-pesan itu harus sampai ke pengambil keputusan tertinggi," katanya.

Anies Baswedan dan Ridwan Kamil memastikan bahwa provinsi dan masyarakatnya siap mendukung Y20 dari segi anggaran dan tempat.