Asal Usul Paket Berisi Sandal Dengan Rangkaian Kabel Terungkap, Dikirim Lewat Gocar dari Jagakarsa
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan (Foto: Rizky AP/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Asal-usul paket berisi sandal dengan rangkaian kabel layaknya detonator atau pemicu bom yang ditemukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Kelas II A Tangerang, Kota Tangerang, telah diketahui. Polisi menyebut paket itu dikirimkan melalui aplikasi taksi online.

"Pengirimnya itu melalui Gocar, jadi pengemudi Gocar ini mendapat orderan pesanan dari seseorang," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan kepada wartawan, Kamis, 30 Juni.

Bahkan, sosok pengirim paket sandal dengan rangkaian kabel itupun sudah diketahui identitasnya.

Terungkapnya identitas pengirim berdasarkan hasil pemeriksaan sopir Gocar. Selain itu, nama pengirim juga tertera pada riwayat pemesaan di aplikasi taksi online tersebut.

Kemudian, dari hasil penelusuran sementara paket itu dikirim dari wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Pemberi order itu sudah kita ketahui dan sedang kita cari untuk dilakukan pemeriksaan," kata Zulpan.

Saat ini, polisi juga sudah mengetahui orang yang menjadi penerima paket itu. Zulpan menyebut dia memang merupakan warga binaan Lapas Wanita Kelas II A Tangerang.

"Napi kasus biasa bukan teroris. Perempuan itu napinya," kata Zulpan. 

Adapun, paket berisi sandal dengan rangkaian kabel ditemukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Kelas II A Tangerang, Kota Tangerang, Rabu, 29 Juni. Paket itu ditujukan kepada seorang narapidan yang mendekam di lapas tersebut.

Namun, berdasarkan penelusuran tim penjinak bom (jibom), sandal itu tak mengandung usur bahan peledak.