Wabah PMK "Menggila" Batam Larang Warganya Konsumsi Daging Sapi dari Daerah Ini
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

BATAM - Satuan Tugas (Satgas) Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kota Batam melarang sementara pemotongan hewan kurban yang berasal dari Lampung di dua kecamatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam Mardanis di Batam, Kamis 30 Juni, menyatakan, larangan itu diberlakukan agar wabah PMK yang saat ini menyerang sapi, tidak menyebar ke  babi.

“Kecamatan Sagulung dan Kecamatan Bulang sekitarnya tidak boleh potong hewan yang berasal dari Lampung, kalau hewan lokal silahkan. Tidak boleh keluar Batam dan pulau-pulau lainnya. Tak boleh potong di Sagulung, karena ada peternakan babi di Pulau Bulan. Kebijakan ini hanya sampai tanggal 9 Juli 2022,” ujar Mardanis dikutip Antara.

Dia juga menegaskan hewan kurban yang saat ini sudah berada di tempat-tempat penampungan hewan resmi tidak boleh dikeluarkan sampai satu hari menjelang lebaran Idul Adha.

“Hewan yang berada di tempat hewan kurban saat ini di Temiang maupun di luar Temiang, tidak boleh dikeluarkan sampai H-1. Sapi yang di Temiang dan yang di luar Temiang diawasi karantina, pakai surat resmi dari kami,” ucapnya.

Selain itu, Mardanis mengatakan dengan adanya temuan diduga PMK pada ratusan hewan ternak sapi di Kota Batam, saat ini Satgas PMK Batam mulai memberlakukan crisis center atau posko aduan.

“Satgas PMK akan memberlakukan crisis center (posko aduan) secara aktif untuk memberikan informasi ke masyarakat seluas-luasnya,” katanya.

Dia berharap setiap penjual ternak wajib menginformasikan ke Satgas PMK apabila ada temuan gejala PMK.

“Setiap hari akan dibantu pengawasan oleh dokter hewan se Kota Batam,” katanya.