Ancaman Cuaca Buruk Hentikan Aktivitas Warga di Natuna
Suasana di Pulau Tiga Natuna, warga tidak dapat menyeberang karena cuaca buruk/Foto: Antara

Bagikan:

NATUNA - Kapal penyeberangan rakyat di Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terhenti akibat angin kencang dan ombak besar pada Kamis 30 Juni 2022.

"Ombak tinggi, hampir 2 meter, di tengah ombak besar, tampak buih gelombang putih semua," kata Bali, salah satu pemilik kapal penyeberangan Pulau Tiga - Selat Lampa, Kamis 30 Juni pagi.

Ia juga mengatakan untuk Kamis ini tidak ada penyeberangan karena kapal miliknya tidak bisa sandar di Dermaga Selat Lampa.

"Saat ini saya di Tanjung Batang, Pulau Tiga tidak bisa menyeberang, selain itu kita juga tidak bisa merapat karena gelombang pecah di pelabuhan," kata dia dikutip Antara.

Dia juga memperkirakan badai seperti ini biasa terjadi pada musim angin selatan seperti saat ini.

"Ini biasa paling lama dua hari, Jumat atau Sabtu akan berakhir, Minggu mungkin sudah teduh, biasanya begitu," kata Bali.

Sementara, Teguh calon penumpang dari Pulau Tiga menuju Selat Lampa menjelaskan mereka hingga Kamis siang masih tidak bisa melintas menuju Selat Lampa.

"Ini kami masih di Tanjung Kumbik, dari pagi sampai sekarang tidak ada pompong penumpang melintas, rencana mau menyeberang ke Pelabuhan Selat Lampa," kata Teguh.

Sementara itu BMKG Kepulauan Riau di Ranai, Natuna mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca di wilayah pelabuhan laut Natuna yang berlaku pada Kamis 30 Juni pukul 07.00 WIB - 19.00 WIB.

Berdasarkan data Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak prakiraan cuaca pelabuhan laut panduan tinggi gelombang tergolong sedang untuk wilayah Pulau Tiga dan sekitarnya dengan ketinggian gelombang mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter.

BMKG juga mengingatkan bahwa gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang yang tertera di atas.Waspada potensi angin kencang di wilayah Anambas dan Natuna.

Serta waspada potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 3.0 meter pada wilayah perairan Natuna dan 2.5 meter pada wilayah perairan Anambas.