Dari Arab Saudi, Rizieq Shihab Minta Umat Ikut Aksi Bela Nabi 211 dan 411
Rizieq Shihab (Foto: @HabibRizieq_ID)

Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyerukan agar warga khususnya umat islam di Indonesia untuk ikut melakukan aksi unjuk rasa membela Nabi Muhammad SAW 211 dan 411.

Seruan ini dilontarkan Rizieq dari Makkah, Arab Saudi dan ditayangkan lewat akun YouTube Front TV yang diunggah pada Sabtu, 31 Oktober.

"Kepada segenap umat islam di Tanah Air, dari kota suci, saya serukan untuk ikut setiap aksi membela Nabi di manampun anda berada, teristimewanya aksi 211 dan 411," tutur Rizieq dalam video tersebut dilihat VOI, Minggu, 1 November.

Aksi 211 akan digelar pada Senin, 2 November di depan Kedutaan Besar Prancis, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Aksi digelar sekitar pukul 12.00 WIB.

Sementara, aksi 411 akan digelar pada Rabu, 4 November di depan halaman Gedung Sate diikuti dengan longmarch menuju Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat.

"Ikut serta secara aktif di dalam aksi tersebut. Tunjukkan pembelaan kita kepada Nabi Muhammad, jangan berikan ruang kepada siapapun yang merendahkan Nabi Muhammad," ungkap dia.

Rencana aksi 211 dan 411 yang akan digelar oleh FPI, PA 212, dan GNPF Ulama ini merupakan reaksi dari Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menyebut Islam sebagai agama yang berada di dalam krisis dan berjanji akan melawan separatisme Islam. 

Pernyataan Macron tersebut dilontarkan akibat insiden penikaman seorang guru sekolah mengah awal. Insiden tersebut dilatari aktivitas sang guru yang menunjukkan karikatur Nabi Muhammad kepada murid-muridnya di kelas saat mereka mendiskusikan kebebesan berpendapat.

Akibat pernyataan Macron, berbagai kecaman kemudian muncul termasuk dari negara-negara Arab. Bahkan, sejumlah asosiasi perdagangan di negara-negara tersebut memboikot produk asal Prancis.