Tidak Ada Penambahan Kasus COVID-19 di Sangihe Selama 2 Bulan Terakhir
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

SANGIHE - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara mencatat di daerah itu sudah tidak ada kasus baru COVID-19 dalam dua bulan terakhir.

"Belum ada laporan kasus baru, dan kami berharap tidak terjadi. Posisi nol kasus ini sudah bertahan dua bulan terakhir," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe Handry Pasandaran di Tahuna dikutip Antara, Rabu, 29 Juni..

Ia mengatakan keberhasilan upaya menekan penularan COVID-19 di Kabupaten Sangihe tidak terlepas dari kerja keras petugas Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dan tim penanggulangan COVID-19 di tingkat kecamatan dan kelurahan serta kampung atau desa, termasuk kepatuhan warga dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kolaborasi antara pemerintah dan warga semakin baik, terbukti belum ada warga terinfeksi COVID-19 sebulan terakhir," kata dia.

Data terakhir jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Sangihe sebanyak 1.834 kasus dan yang sembuh 1.788 orang sedangkan meninggal dunia 46 orang.

Percepatan peningkatan cakupan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sangihe juga berkontribusi pada penurunan signifikan kasus penularan COVID-19.

Sedangkan warga yang sudah divaksin dosis satu mencapai angka 83.285 orang atau 73,29 persen dari target 113.631 orang.

Pelayanan vaksinasi terus dilaksanakan di setiap fasilitas kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sangihe.

Warga yang sudah divaksin dosis dua sebanyak 55.300 orang atau 48,66 persen, sedangkan dosis tiga 6.318 orang atau 5,56 persen.

Handry mengakui kesadaran masyarakat untuk divaksin sudah menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Sangihe tetap mengimbau warga melakukan vaksinasi.

"Kami tetap mengimbau semua warga masyarakat yang belum divaksin agar segera mendatangi lokasi vaksin yang terdekat," kata dia.