Wali Kota Eri Cahyadi Bekukan Izin Tiga Outlet Holywings di Surabaya
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi angkat bicara terkait polemik Holywings. Ia menegaskan membekukan izin tiga outlet Holywings yang ada di wilayahnya. 

"Izinnya bukan dicabut tapi dibekukan. Dibekukan maksudnya dihentikan beroperasi sampai kasusnya selesai," kata Eri, di Surabaya, Selasa, 28 Juni.

Ada pun tiga outlet Holywings di Surabaya itu, masing-masing berlokasi di Jalan Kertajaya, Jalan Boulevard Famili Utara, dan Jalan Basuki Rahmat. Ketiga outlet itu telah tutup sejak Minggu, 26 Juni 2022.

Menurut Eri, penutupan tiga outlet Holywings di Surabaya ini berdasarkan permintaan PC GP Ansor dan sejumlah elemen masyarakat lain kepada Pemkot Surabaya. Ini menyusul kasus dugaan penistaan agama terkait promosi minuman alkohol gratis bagi pelanggan bernama 'Muhammad dan Maria'. 

"Sekarang namanya Muhammad (diduga dilecehkan, lha itulah yang memantik kemarahan dari orang-orang Muslim. Ansor Banser bergerak dan semua elemen bergerak. Karena itu sementara kami tutup dulu," ujarnya. 

Menurut Eri, keputusan menutup sementara outlet Holywings tersebut sudah berdasarkan kesepakatan bersama antara Polrestabes Surabaya, elemen masyarakat serta manajemen Holywings itu sendiri. Tujuannya untuk meredakan situasi terlebih dahulu, sambil menunggu proses hukum kasus penistaan agama yang sedang berjalan. 

"Kami sampaikan untuk ditutup dulu sampai kasusnya ditindak lanjuti. Karena apa?, ini meredakan semuanya. Kalau ini seperti apa tindak lanjutnya baru kita lakukan secara berkelanjutan apa yang harus diambil tindakannya," katanya. 

Namum Eri berpesan kepada semua pihak untuk menahan diri, menjaga kondusifitas dan tidak melakukan tindakan yang tidak diinginkan di Surabaya. Eri juga meminta pihak manajemen Holywings benar-benar mematuhi keputusannya untuk tak beroperasi. 

"Jika tidak, maka ada konsekuensi berat yang menanti mereka. Kami imbau masyarakat tetap tenang, jangan sampai digerakkan dan diadu oleh antar umat beragama," ujarnya. 

Sementara itu, perwakilan Manajemen Holywings di Surabaya, Taufiq, sebelumnya membenarkan tiga outlet Holywings di Surabaya sudah ditutup total sejak Minggu, 26 Juni 2022. Namun, Taufik belum bisa dikonfirmasi terkait terkait pembekuan izin ini.