Menteri-menteri G20 Bakal Rapat di Belitung, Kecepatan Internet Harus Segera Diperkuat
Ilustrasi (Photo by Thomas Jensen on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov Kepulauan Bangka Belitung akan fokus untuk bisa memperkuat jaringan telekomunikasi dan internet di empat lokasi penyelenggaraan pertemuan tingkat Menteri G20 Pulau Belitung pada 7-9 September 2022.

"Kami menyediakan layanan jaringan telekomunikasi dan internet berkecepatan tinggi untuk menyukseskan G20 di Pulau Belitung," kata Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Babel Yunan Helmi di Pangkalpinang, Selasa 28 Juni dinukil dari Antara.

Jaringan telekomunikasi dan internet di empat lokasi penyelenggaraan G20 Pulau Belitung di Kawasan Tanjung Kelayang, HKM Juru Seberang, Bukit Paramon, dan Open Fit Nam Salu.

"Layanan penguatan signal internet ini dilakukan secara khusus dan difokuskan pada empat lokasi yang menjadi visitasi perserta delegasi tingkat menteri pembangunan nanti," katanya.

Berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), penguatan sinyal di keempat lokasi tersebut akan di-support oleh provider, mulai dari pengecekan lapangan, penguatan signal, hingga penyediaan jaringan internet.

"Hasil pengukuran quality of service Belitung oleh Indosat, Telkomsel, dan XL pada tanggal 7 Juni 2022 menunjukkan beberapa sebagian wilayah yang perlu kualitas signal internet sehingga perlu penguatan agar lebih kuat lagi," ujarnya.

Kepala Diskominfo Provinsi Kepulauan Babel Sudarman menginisiasi kepada provider untuk segera menghadirkan infrastruktur Compact Mobile BTS (Combat) untuk membuka akses konektivitas di titik lokasi tertentu, khususnya di area Sheraton Hotel.

Selain itu, dengan meningkatkan kapasitas hotspot di seputaran Pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi.

"Saya juga minta Kementerian Kominfo untuk memberikan videotron guna mendukung publikasi BKMKG dan informasi lainnya," katanya.