Penghargaan bagi Industri Asuransi Dirasa Penting saat Momen Pandemi
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun 2020 menjadi catatan sejarah yang sangat penting bagi dunia internasional, di mana terjadinya pandemi virus COVID-19 telah sukses meluluhlantakkan kehidupan dan perekonomian masyarakat dunia. Tak terkecuali juga di Indonesia.

Dengan berubahnya kondisi dan kegiatan masyarakat seiring dengan penyesuaian adanya pandemi, berbagai aktivitas bisnis dan usaha serta perekonomian secara keseluruhan mau tidak mau juga terkena imbasnya. Termasuk juga industri asuransi dalam negeri.

Sebagai bagian dari Industri Jasa Keuangan (IJK) yang merupakan backbone aktivitas perekonomian domestik, industri asuransi nasional sejauh ini juga telah berkembang demikian pesat. Perlahan namun pasti, tingkat penetrasinya di masyarakat juga meningkat pesat seiring makin membaiknya kesadaran terhadap pentingnya upaya perlindungan dan mitigasi terhadap berbagai risiko yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Dengan pasar yang semakin meluas ini, tentu menjadi angin segar bagi para pelaku industri asuransi secara khusus, dan juga masyarakat luas pada umumnya. Maka dari itu, industri asuransi nasional perlu diberikan apresiasi di tengah upaya mereka bertahan menghadapi pandemi.

Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Hastanto Sri Margi Widodo, mendukung kinerja industri asuransi nasional melalui pemberian penghargaan pada perusahaan-perusahaan asuransi yang telah berkinerja baik.

Langkah pemberian penghargaan dinilai Hastanto, penting bagi perusahaan asuransi untuk menjaga sekaligus meningkatkan citra positifnya di masyarakat.

"Karena sebagaimana kita tahu, masih ada sebagian masyarakat kita masih melihat (perusahaan) asuransi dengan kurang baik karena masih minimnya pengetahuan tentang cara kerja industri (asuransi) ini. Semoga ke depan kita semakin bisa bersama-sama memperbaiki pandangan-pandangan yang kurang baik ini agar masyarakat semakin paham bahwa industri asuransi juga turut berkontribusi dan merupakan bagian tak terpisahkan dari geliat perekonomian nasional," ujar Hastanto, dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Sabtu 31 Oktober.

Tak lupa, Hastanto juga mengucapkan selamat kepada para pemenang Indonesia Best Insurance Award 2020. Hastanto berharap agar ke depan ainergi antara industri asuransi nasional dengan media dapat terus terjalin dan semakin bisa ditingkatkan di masa mendatang.

"Semoga dengan dukungan dari seluruh pihak seperti ini, industri asuransi nasional dan juga perekonomian nasional dapat segera membaik, pulih, dan kembali tumbuh maksimal seperti sedia kala sebagaimana sebelum adanya pandemi," jelasnya.

Best Insurance Award 2020 adalah sebuah acara untuk mengapresiasi kinerja industri asuransi nasional dengan capaian yang telah diraih hingga saat ini. Dengan mengambil tema "Toward Resiliency, Sustainability and Continuity of The Insurance Sector", acara penghargaan ini diharapkan turut berkontribusi terhadap geliat industri asuransi di tengah tekanan pandemi.

Para pelaku industri asuransi harus diapresiasi karena senantiasa gigih dan tidak patah arang dalam mendongkrak kinerja dan selalu berinovasi, untuk secara keseluruhan bersama-sama menjaga perekonomian nasional agar tetap dapat berjalan dengan baik.