Viral Petugas Dishub di Makassar Ditegur Tak Bermasker, Berdalih ‘Menkes Bilang Hanya Orang Sakit Pakai Masker’
Petugas Dishub Sulsel di Makassar yang ditegur karena tak memakai masker (Tangkapan layar video dari Instagram sosmedmakassar)

Bagikan:

JAKARTA - Viral video petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ditegur pesepeda karena kedapatan tak memakai masker. Petugas Dishub ini disebut tidak memberikan contoh kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan.

“Tidak pakai masker. Pakai, pakai, pakai,” kata pesepeda yang merekam video petugas Dishub di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Sulsel dalam video yang dilihat VOI, Jumat, 30 Oktober.

Pesepeda yang mengaku sebagai ‘orang pengadilan’ ini terus merekam petugas Dishub Sulsel berkacamata hitam yang tak memakai masker. Hingga akhirnya petugas itu mengeluarkan masker dari kantong celananya. 

“Namanya MI Agung tidak pakai masker, memberi contoh yang tidak baik di masyarakat,” kata pesepeda perekam video.

Saat itu ada sejumlah anggota Dishub Sulsel berseragam biru LLAJ yang disorot oleh kamera handphone perekam pada Kamis, 29 Oktober. 

Saat memvideokan, muncul petugas dengan name-tag Arman menyinggung soal pernyataan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

“Saya kira yang pakai masker menteri kesehatan menyatakan hanya orang sakit yang pakai masker,” kata petugas Dishub Sulsel, Arman.

“Hati-hati pernyataannya,” sahut pesepeda yang merekam.

Namun MI Agung muncul lagi. Dia menimpali pernyataan rekannya tadi. 

“Pak menteri kesehatan menyatakan hanya orang sakit yang memakai masker. Ada di berita itu,” kata petugas Dishub ini. 

Video viral petugas Dishub tak memakai masker di Makassar ini langsung ditanggapi Kepala Dinas Perhubungan Sulsel M Arafah Palu. 

“Dinas perhubungan Sulsel menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat (terkait) viral video anggota kami di lapangan tidak pakai masker. Yang bersangkutan telah kami lakukan pembinaan dan untuk sementata kami tidak aktifkan di lapangan. Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang melaporkan kejadian-kejadian anggota kami,” kata dia dalam video pernyataan yang dilihat VOI