Kasus COVID-19 di Jakarta Naik, di Bangka Belitung Malah Melandai
Ilustrasi Covid/Foto: Pixabay

Bagikan:

PANGKALPINANG - Kasus COVID-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus melandai. Pada Sabtu, 25 Juni, siang WIB, jumlah pasien positif COVID-19 tersisa empat orang.

Jumlah ini bertambah satu pasien dari data sebelumnya. Hal ini disampaikan Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel, Mikro Antariksa.

Mikron mengatakan, empat orang pasien COVID-19 yang masih menjalani isolasi mandiri tersebar di Kota Pangkalpinang tiga orang dan Belitung satu pasien. Sementara Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur tanpa pasien COVID-19.

"Hari ini tidak ada kasus orang meninggal dunia akibat virus corona," ujar Mikron, seperti dilansir Antara.

Mikron menjelaskan, dalam dua bulan terakhir ini kasus penularan dan penyebaran COVID-19 sudah semakin melandai. Ini diyakini karena tingkat imunitas, penerapan protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih masyarakat sudah cukup tinggi.

"Meski kasus COVID-19 ini sudah semakin melandai, namun kami tetap menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan COVID-19 kepada masyarakat," katanya.

Selain itu, pihaknya tetap mengoptimalkan kegiatan vaksinasi massal untuk meningkatkan imunitas masyarakat dari virus corona.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan ini adalah kunci untuk mencegah berbagai virus penyakit menular," pungkas Mikron.

Saat ini, subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 tengah mengancam. Di Indonesia, terdeteksi sebanyak 143 kasus dalam sepekan terakhir.

Jumlah ini meningkat dari laporan terakhir per 14 Juni 2022 sebanyak 20 kasus, demikian yang disampaikan Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril.