Masyarakat Disiplin Prokes, 6 dari 7 Kabupaten/Kota di Bangka Belitung Nihil COVID-19
Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa. ANTARA

Bagikan:

BABEL - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan,  enam dari tujuh kabupaten/kota tercatat tanpa penambahan kasus positif COVID-19 atau kembali melandai.

Hal ini tidak lepas dari peran aktif masyatakat yang disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

"Hari ini hanya satu kasus COVID-19 di Bangka Barat, sementara kabupaten/kota lainnya nihil," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Antara, Minggu, 31 Juli.

Berdasarkan data kasus COVID-19 harian terkini, enam kabupaten/kota tanpa kasus COVID-19 tersebut adalah Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur, sehingga total pasien aktif yang masih menjalani isolasi 55 orang.

"Hari ini pasien sembuh dari COVID-19 bertambah empat orang dan pasien meninggal nihil," ujarnya.

Ia mengatakan 55 pasien COVID-19 aktif yang masih menjalani isolasi tersebar di Pangkalpinang 20 orang, Belitung 18 pasien, Bangka 9 pasien, Bangka Tengah 4 orang, Bangka Barat dan Bangka Selatan masing-masing 2 orang.

"Hingga saat ini Belitung Timur masih tanpa kasus dan pasien COVID-19 aktif," katanya.

Menurut dia, dalam menekan angka kasus COVID-19, pihaknya bersama satgas kabupaten/kota terus mensosialisasikan protokol kesehatan dan mengoptimalkan kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat dari virus corona itu.

"Alhamdulillah, animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, khususnya vaksinasi penguat (booster) terus meningkat dan ini terus digencarkan agar terbentuk kekebalan komunal," katanya.