Hasto Ungkap Banyak Tokoh yang Ingin Merapat ke PDIP
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/DOK FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkap banyak tokoh yang ingin merapat ke partainya.

Meski tak memerinci siapa saja tokoh itu tapi Hasto memastikan akan lebih dulu menerima mereka yang belum tergabung dengan partai lain demi menjaga hubungan baik.

"Ya, ada yang dari independen, kami lebih prioritas yang dari nonpartai, lah. Kalau dari sesama partai, ya, kami jaga hubungan baik," kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu, 22 Juni.

Selain itu, Hasto memastikan partainya akan menyeleksi ketat mereka yang akan bergabung. Termasuk, mendalami alasan mereka.

Setelah lulus seleksi, nantinya akan diberikan pembekalan bagi para tokoh yang ingin bergabung.

Dalam proses ini, nantinya mereka akan diberi pengetahuan mengenai aturan yang ada di dalam internal hingga ideologi PDIP. "Kami latih dahulu, setelah dilatih kami tanya, apa betul mau bergabung ke PDIP," tegasnya.

"Kami hati-hati dari hal tersebut. Apakah motifnya untuk bergabung ke PDIP. Bagaimana AD/ART, bagaimana pemahaman terhadap ideologi, itu kami ajarkan," imbuh Hasto.

Sementara untuk kader partai lain yang ingin pindah ke PDIP, Hasto akan meminta mereka menyelesaikan masalahnya lebih dulu.

"Kalau ada masalah di internal, mbok, ya, diselesaikan dahulu masalah internal, itu PDI Perjuangan, bukan malah kemudian justru memperbesar masalah-masalah internal dari partai lain, karena kami tidak bermaksud dan tidak suka intervensi kedaulatan partai politik," pungkasnya.