Jadi Pemimpin Asia Pertama, Presiden Jokowi akan Temui Presiden Zelensky dan Putin Usai Hadiri KTT G7 di Jerman
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Sumber: Kementerian Luar Negeri RI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan mengunjungi dua negara yang tengah berkonflik, Ukraina dan Rusia, serta bertemu dengan pemimpin kedua negara, di tengah perang yang berlangsung sejak 24 Februari lalu.

Ini dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dalam keterangannya kepada wartawan, terkait dengan rencana kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Eropa.

"Presiden Jokowi akan mengunjungi Kyivm Ukraina dan Moskow, Rusia, usai dari kunjungan ke Jerman," ujar Menlu Retno dalam keterangan pers virtual Rabu 22 Juni.

"Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi tentunya akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin," sambungnya.

"Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai Presiden G20 dan satu satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam," tambahnya.

"Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin Asia pertama yang menemui kedua pemimpin negara sejak konflik," jelas Menlu Retno.

Sebelum ke dua negara tersebut, Presiden Jokowi direncanakan menghadiri pertemuan Negara Kelompok 7 (G7) yang digelar di Jerman pada 26-27 Juni mendatang. Indonesia hadir sebagai salah satu undangan dalam pertemuan tersebut.