Berada di Gurun Bersuhu 45 Derajat Celcius, Sekolah Ini Tetap Sejuk Tanpa AC
Rajkumari Ratnavati Girls School. (Sumber: Instagram/panjwani.vinay)

Bagikan:

JAKARTA - Siswa di India dengan berani menghadapi suhu 45 derajat yang terik untuk menghadiri kelas, meski sekolah mereka berada di jantung gurun Thar.

Namun, Sekolah Putri Rajkumari Ratnavatim, demikian nama sekolah itu, tidak memerlukan AC karena desainnya yang unik dan berkelanjutan membuatnya tetap sejuk. Ini menjadi menarik, lantaran di Jaisalmer, barat laut India, hanya sepertiga perempuan dan anak perempuan yang bisa membaca dan menulis.

Staf di sekolah Rajkumari, yang menampung lebih dari 400 siswa berusia antara empat dan enam belas tahun, berharap dapat meningkatkan statistik yang mengkhawatirkan ini.

Berkat bangunan oval unik sekolah, mereka dapat belajar dengan tenang meskipun suhu terik dan badai pasir biasa. Bangunan ini dirancang oleh arsitek yang berbasis di New York, Diana Kellogg.

"Sebagai seorang arsitek wanita yang mendesain untuk wanita, saya melihat simbol feminin lintas budaya dan khususnya simbol kekuatan," ujar Kellogg kepada majalah arsitektur Dezeen, mengutip Euronews 12 Juni.

"Saya akhirnya mendarat di bentuk oval yang mewakili feminitas dan beresonansi dengan saya sebagai formulasi infinity. Saya tahu saya ingin membuat bangunan yang secara bersamaan menyatu dan tumbuh dari lanskap alam, seperti batu pasir Jaisalmer," terangnya.

Struktur bangunan seluas 836 meter persegi berkelanjutan, serta simbolis. Dinding luar yang besar membungkus sekeliling sekolah. Sementara dinding interior membungkus ruang kelas sekolah. Di tengah, ada halaman oval besar.

Sekolah Putri Rajkumari Ratnavatim
Rajkumari Ratnavati Girls School. (Sumber: Instagram/panjwani.vinay)

"Saya ingin desain sekolah memberikan naungan bagi gadis-gadis di halaman," kata Kellogg.

"Bentuk elips sepertinya cara paling alami untuk melakukan ini," tukasnya.

Bangunan ini ditenagai oleh panel surya atap, yang juga berfungsi sebagai kanopi pemberi naungan. Itu didinginkan oleh sistem energi panas bumi, dengan plesteran kapur di dinding bagian dalam membuatnya tetap terisolasi.

Jalis (perforated lattice stonework) melindungi siswa dari badai pasir yang melanda area tersebut, sambil membiarkan sinar matahari alami masuk. Sementara, sistem pemanenan air mengumpulkan dan mendaur ulang air hujan di seluruh sekolah.

Perancangnya ingin seluruh komunitas mendapat manfaat dari sekolah. Dibangun oleh pembangun lokal menggunakan batu pasir lokal, ini adalah yang pertama di kompleks yang direncanakan dari tiga bangunan.

Dinamakan pusat Gyann, itu akan menjadi tuan rumah The Medha, ruang pertunjukan dan pameran seni dengan perpustakaan dan museum. Ketiga gedung tersebut juga akan berisi Koperasi Wanita, sebuah ruang belajar di mana pengrajin lokal akan mengajarkan teknik menenun dan menyulam wanita.

Diketahui, proyek ini diluncurkkan oleh CITTA, sebuah organisasi nirlaba Amerika yang didedikasikan untuk mendukung pembangunan di "beberapa komunitas yang paling tertantang secara ekonomi, terpencil secara geografis atau terpinggirkan di dunia."