PKS Buka Pintu Bagi Semua Capres, Termasuk Prabowo Subianto
Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi di Rapimnas PKS, Selasa, 21 Juni 2022 (Nailin In Saroh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum mengungkap nama-nama calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Meskipun sudah mengantongi sejumlah nama sebagai hasil dari Rapimnas yang ditutup pada hari ini, Selasa, 21 Juni. 

Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi hanya memastikan pihaknya membuka peluang kepada siapapun figur yang memiliki potensi untuk maju sebagai capres.

"Semua calon yang ada masuk di PKS, jadi jangan khawatir anak bangsa yang anda sudah yakinkan si A, B, si C ada semua," ujar Aboe dalam jumpa pers di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa, 21 Juni.

Bahkan, nama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto masuk dalam bursa capres yang ditawarkan internal partai. Apalagi, kata Aboe, menteri pertahanan itu sudah berpengalaman di pemerintahan dan juga sudah punya hubungan baik dengan PKS. 

"Apalagi dengan Prabowo, Prabowo kita tahu sudah punya jam terbang pengalaman, tinggal lanjutkan saja nggak ada hambatan," ungkap Aboe.

Meski demikian, Aboe menegaskan bahwa saat ini keputusan soal pengusungan capres berada di tangan majelis syura partai.

Pengurus DPP PKS, kata dia, hanya mengumpulkan sejumlah nama kandidat dan melakukan pendekatan terhadap figur maupun calon mitra koalisi. 

"Cuma ini keputusan memang bukan wewenang kami, kecuali anggota majelis syuro. Kami yang menyiapkan dapurnya, menyiapkan bumbunya, siapa orang-orangnya pada waktu yang sama, kita-kita yang sudah bekerja ini, yang berpendekatan begitu masuk di majelis syuro, baru masuk," jelas Aboe.

"Yang jelas tidak ada yang tereliminasi dari semua calon di republik ini, cuma kadarnya, kadar kelasnya itu yang lebih tinggi yang lebih rendah nanti kita lihat," imbuhnya.