Bagikan:

JAKARTA - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kerap hadir di sejumlah agenda PDI Perjuangan (PDIP). Termasuk di dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta pada hari ini, Selasa, 21 Juni.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, bukan sesuatu yang aneh kalau Menteri Basuki kerap nongol. Pasalnya Basuki adalah kader PDIP. Dia sudah memiliki kartu tanda anggota (KTA).

"Pak Basuki, beliau ber-KTA PDI Perjuangan. Beliau menjalankan tugas-tugas membangun koneksitas Indonesia bagi kemajuan Indonesia raya kita," kata Hasto kepada wartawan.

Hasto juga bilang kalau Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengajukan nama Basuki sebagai menteri di periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 2019 lalu.

Selain Basuki, kata Hasto, Megawati juga mengajukan nama Retno Marsudi sebagai menteri luar negeri.

"Dulu awal-awal Pak Basuki yang mengusulkan Bu Mega jadi menteri, yang termasuk pertama pada 2014. Yang diusulkan bu Mega itu Pak Basuki, juga Ibu Retno," kata Hasto.

"Sehingga sejak awal, kalau ibu Mega memilih orang terbaik," imbuhnya.

Disinggung tentang peluang Basuki diajukan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024, Hasto hanya menjawab momentum itu masih lama.

"Pilgub nanti. Pak Basuki kan bapak infrastruktur kata pak Jokowi," tegasnya.

Sebagai informasi, Basuki beberapa kali terlihat di acara PDIP. Selain muncul di acara Rakernas, saat peringatan Haul Bung Karno ke-54 di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta, Senin malam, 20 Juni, dia juga tampak hadir.

Basuki bahkan ikut menyambut Megawati saat hadir di sekolah partai untuk pertama kalinya setelah direnovasi.