Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merombak struktur dan jabatan ratusan anggotanya. Satu di antaranya dengan menunjuk polisi wanita (Polwan) sebagai juru bicara Korps Bhayangkara.

Dalam Surat Telegram Rahasia (STR) nomor ST/1214/VI/KEP./2022, jabatan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri akan berganti.

Nantinya, Kombes Nurul Azizah yang akan menjabat di posisi itu untuk menggantikan Kombes Gatot Repli Handoko.

"Untuk jabatan Kabag Penum adalah Pak Kapolri mempercayakan seorang polwan, jadi polwan berpromosi menjadi Kabag Penum," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa, 21 Juni.

Sementara Kombes Gatot Repli Handoko dipromosikan sebagai Kepala Biro Multi Media (Karo Mulmed) Divisi Humas Polri. Dengan promosi ini, dia akan berpangkat jenderal bintang satu. "Kabag Penum juga pindah beliau promosi bintang satu," kata Dedi.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merombak struktur di Korps Bhayangkara. Setidaknya, ada 452 anggota yang dirotasi dari jabatannya, mulai dari tingkat Kapolda hingga Kapolres di berbagai wilayah.

Rinciannya, 37 Jenderal dan 1 perwira menengah (pamen) diganti karena memasuki masa pensiun. Lalu, 38 Jenderal dan 414 pamen, serta 120 kapolred dimutasi dari jabatannya.