Kabar Baik itu Datang Juga, Bayi di AS Kini Sudah Boleh Disuntik Vaksin COVID-19
Photo by Mufid Majnun on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Kini vaksin COVID-19 tak cuma bisa dinikmati oleh orang Amerika yang sudah berumur. Warga termuda di negara itu juga sudah bisa memperoleh akses ke vaksin virus corona mulai pekan depan.

Dikutip dari Washington Post, Jumat 17 Juni, regulator federal sudah mengesahkan vaksin untuk anak-anak mulai dairi usia 6 bulan.

Bagi banyak orang tua dan dokter anak, persetujuan dari Food and Drug Administration terhadap Moderna dan Pfizer atau BioNTech adalah kabar yang menggembirakan.

FDA dengan suara bulat merekomendasikan dan memberi lampu hijau penggunaan vaksin tersebut untuk kelompok usia terakhir yang memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan perlindungan terhadap virus.

“Banyak orang tua, pengasuh, dan dokter telah menunggu vaksin untuk anak-anak yang lebih kecil dan tindakan ini akan membantu melindungi mereka yang berusia di bawah 6 bulan,” kata Komisaris FDA Robert M. Califf dalam sebuah pernyataan.

“Seperti yang telah kita lihat dengan kelompok usia yang lebih tua, kami berharap bahwa vaksin untuk anak-anak yang lebih muda akan memberikan perlindungan dari hasil COVID-19 yang paling parah, seperti rawat inap dan kematian," lanjut mereka.

Vaksin Moderna adalah untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun. Ini terdiri dari dua dosis masing-masing 25 mikrogram - seperempat dari dosis dewasa - diberikan empat minggu terpisah. Dalam penelitian, terbukti 51 persen efektif dalam mencegah penyakit pada anak usia 6 bulan hingga 2 tahun dan 37 persen efektif pada anak usia 2 hingga 5 tahun.

Vaksin Pfizer-BioNTech , yang untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun, adalah tiga suntikan masing-masing 3 mikrogram, sepersepuluh dosis dewasa. Dua dosis pertama diberikan tiga minggu terpisah, dan yang ketiga setidaknya dua bulan kemudian.

Pakar kesehatan Amerika Serikat mendukung penggunaan vaksin COVID-19 lansiran Moderna untuk anak usia 6-17 tahun, sementara mengkaji penggunaan untuk anak di bawah usia 5 tahun.

Penasihat Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS pada Hari Selasa dengan suara bulat merekomendasikan, agar badan tersebut mengizinkan vaksin COVID-19 Moderna untuk anak-anak dan remaja berusia 6 hingga 17 tahun.

Sekitar 77 juta orang di Amerika Serikat telah menerima setidaknya dua dosis vaksin Moderna, yang telah lama tersedia untuk orang berusia 18 tahun ke atas.

Komite ahli eksternal dijadwalkan untuk mempertimbangkan suntikan Moderna untuk anak-anak di bawah 6 tahun, serta vaksin COVID Pfizer dan BioNTech untuk anak-anak di bawah 5 tahun, termuda 6 bulan, pada Hari Rabu.

Tidak mungkin ada permintaan langsung yang signifikan dari vaksin Moderna untuk anak berusia 6 hingga 17 tahun. Vaksin Pfizer/BioNTech disahkan untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun pada bulan Oktober, dan persetujuan untuk remaja mendahuluinya dalam beberapa bulan.