Temu Raya Alumni Kartu Prakerja di Sentul, Jokowi Dijadwalkan Ikut Bergabung
Temu Raya #KitaPrakerja di Sentul International Convention Center pada hari ini. (Antara)

Bagikan:

BOGOR - Para alumni Program Kartu Prakerja mulai berdatangan ke acara Temu Raya #KitaPrakerja, Jumat 17 Juni. Acara yang dihelat di Sentul International Convention Center itu direncananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berdasarkan pantauan, alumni Kartu Prakerja itu terlihat kompak menggunakan baju berbagai warna berbaris rapi memasuki area pertemuan. Lapangan parkir juga telah dipenuhi bus dan mobil yang digunakan oleh para peserta pertemuan akbar tersebut.

Ditemui di lokasi acara, Nova yang berasal dari Bekasi, mengaku terlibat dalam pertemuan tersebut setelah menjadi peserta Kartu Prakerja pada 2021. Dia mengikuti kelas wirausaha untuk memulai usaha kopi yang dicita-citakannya.

"Saya ikut tahun lalu karena ingin usaha sendiri di bidang kafe. Mendengar di Prakerja dikasih pelatihan gratis, makanya saya daftar dan ternyata lolos," kata Nova melansir Antara.

Perempuan berusia 25 tahun itu berharap program tersebut terus dijalankan karena membantu para pencari kerja untuk meningkatkan kemampuan dan juga mereka yang ingin menjadi wirausaha dengan memberikan pelatihan yang dibutuhkan untuk memulai usaha, sesuai minat.

Hal yang sama diungkapkan Dian, yang berasal dari satu rombongan yang sama dengan Nova. Menurutnya, Program Kartu Prakerja telah membantu dirinya yang seorang ibu rumah tangga untuk belajar memulai wirausaha.

Dia juga berterima kasih atas insentif yang diterima, usai mengikuti pelatihan yang disediakan dalam program tersebut.

Program Kartu Prakerja dicanangkan Presiden Jokowi pada 2019, yang bertujuan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Dalam dua tahun pelaksanaannya, Kartu Prakerja telah mencapai gelombang ke-32 dengan lebih dari 12,8 juta penerima manfaat yang tersebar di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Terkait dengan pencapaian dua tahun pelaksanaan Program Kartu Prakerja, Presiden Joko Widodo rencananya akan bertemu dengan perwakilan penerima manfaat dari kabupaten/kota seluruh Indonesia, serta ribuan lain dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dalam acara Temu Raya #KitaPrakerja tersebut.