Telepon Pemimpin Ukraina Zelensky 41 Menit: Presiden Biden Umumkan Bantuan Senjata Baru Senilai Rp14 Triliun, Termasuk 18 Howitzer
Presiden Joe Biden. (Wikimedia Commons/Adam Schultz)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden kembali mengumumkan bantuan persenjataan untuk Ukraina. Nilainya kali ini mencapai 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp14.695.100.000.000 yang mencakup sistem roket anti-kapal, roket artileri, howitzer dan amunisi.

Dalam panggilan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Presiden Biden mengatakan dia memberi tahu pemimpin yang diperangi tentang persenjataan baru.

"Amerika Serikat memberikan bantuan keamanan senilai 1 miliar dolar lagi untuk Ukraina, termasuk artileri tambahan dan senjata pertahanan pantai, serta amunisi untuk artileri dan sistem roket canggih," kata Biden dalam sebuah pernyataan setelah panggilan telepon selama 41 menit, melansir Reuters 16 Juni.

Presiden juga mengumumkan tambahan 225 juta dolar AS dalam bantuan kemanusiaan untuk membantu orang-orang di Ukraina, termasuk dengan memasok air minum yang aman, pasokan medis dan perawatan kesehatan penting, makanan, tempat tinggal hingga uang tunai bagi keluarga untuk membeli barang-barang penting.

Paket senjata terbaru untuk Ukraina termasuk 18 howitzer, 36.000 butir amunisi untuk mereka, dua sistem pertahanan pantai Harpoon, roket artileri, radio aman, ribuan perangkat night vision dan dana untuk pelatihan, kata Pentagon.

Di Kyiv, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan dia telah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken, untuk berterima kasih kepadanya atas "bantuan militer penting" dari Amerika Serikat.

"(Saya) menekankan, bahwa kami sangat membutuhkan lebih banyak senjata berat yang dikirim lebih teratur," katanya di Twitter.

Paket bantuan, yang datang saat Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin bertemu dengan sekutu di Brussel, dibagi menjadi dua kategori: transfer barang pertahanan berlebih dari stok AS dan senjata lain yang didanai oleh Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI), yang terpisah, program yang disahkan oleh Kongres.

Sementara itu, Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia pada Hari Rabu menuduh negara-negara Barat "memerangi perang proksi dengan Rusia," mengatakan kepada wartawan: "Saya ingin mengatakan kepada negara-negara Barat yang memasok persenjataan ke Ukraina, darah warga sipil ada di tangan Anda."

Sebelumnya, Ukraina mendesak Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya untuk pengiriman cepat senjata dalam menghadapi tekanan yang meningkat dari pasukan Rusia di wilayah Donbas timur.

Oleksandra Ustinova, anggota Parlemen Ukraina, mengatakan kepada wartawan di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Dana Marshall Jerman: "Kami membutuhkan semua senjata ini untuk dikonsentrasikan dalam sekejap untuk mengalahkan Rusia, tidak hanya terus datang setiap dua atau tiga minggu."

Diketahui, Pemerintahan Presiden Biden mengumumkan rencana untuk memberikan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142 kepada Ukraina Mei lalu.

Itu dilakukan setelah menerima jaminan dari Kyiv, mereka tidak akan menggunakannya untuk mencapai target di dalam wilayah Rusia. Presiden Biden memberlakukan syarat itu untuk mencoba menghindari eskalasi perang Ukraina.

Artileri roket dalam paket bantuan ini akan memiliki jangkauan yang sama seperti pengiriman roket AS sebelumnya. Ini didanai menggunakan Otoritas Penarikan Presiden, atau PDA, di mana presiden dapat mengizinkan transfer barang dan layanan dari persediaan AS, tanpa persetujuan Kongres sebagai tanggapan atas sebuah darurat, kata seorang sumber yang berbicara dengan syarat anonim.

Selain itu, untuk pertama kalinya, Amerika Serikat mengirimkan peluncur Harpoon berbasis darat. Pada Bulan Mei, Reuters melaporkan AS sedang mengerjakan solusi potensial yang mencakup menarik peluncur dari kapal AS untuk membantu menyediakan kemampuan peluncuran rudal Harpoon ke Ukraina.