Jenazah Eril Putra Ridwan Kamil Ditempatkan di Pesawat Berbadan Lebar, Kapasitas Hingga 335 Kursi
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA – Kepulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril masih terus berlangsung pagi ini. Setelah sebelumnya diketahui sudah lepas landas dari Doha, Qatar pada pukul 6.59 WIB menuju Indonesia, pantauan terakhir pesawat Qatar Airways dengan nomor penerbangan QTR956 itu tengah berada di atas wilayah India.

Dalam penelusuran VOI, pesawat yang digunakan berjenis Boeing 787-8 Dreamliner dengan kode registrasi A7-BCU. Diketahui bahwa Boeing 787 merupakan pesawat berbadan lebar-sedang yang diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes dan memulai terbang perdana pada 2009.

Armada transportasi sipil tersebut memiliki berkapasitas antara 242 - 335 kursi penumpang tergantung konfigurasi tempat duduk yang digunakan.

Konon, pesawat ini memiliki teknologi yang cukup mutakhir sehingga lebih efisien bahan bakar dibandingkan dengan model-model sebelumnya.

Boeing 787-8 Dreamliner menggunakan lampu berbasis LED untuk menerangi bagian interiornya. Lampu berbasis LED ini juga dipakai pada pesawat Airbus A350 series. Lampu jenis ini diperkirakan akan banyak dipakai dalam desain pesawat masa depan.

Pesawat ini juga menggunakan teknologi smart glass pada jendela yang memungkinkan tampilan memudar dan kembali ke normal secara halus tergantung paparan cahaya.

Adapun, pengguna pertama Boeing 787-8 Dreamliner adalah perusahaan penerbangan Nippon Airways. Setelah itu, menyusul banyak maskapai seperti Air India, Qatar Airways, Royal Jordanian, Awostastia Airlines, China Southern Airlines.

Hingga 2019, jumlah B787 yang telah dilepas ke pasaran mencapai 859 unit dengan harga pasaran mulai dari 239 juta dolar AS sampai dengan 325 juta dolar AS.