Sejarawan Betawi Buat Petisi Tuntut Anies Ganti Nama JIS Jadi Stadion M. H. Thamrin
Jakarta International Stadium (JIS)/DOK VOI-Diah Ayu

Bagikan:

JAKARTA - Sejarawan Betawi, JJ Riza membuat petisi dalam laman change.org yang menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengganti penamaan Jakarta International Stadium (JIS) menjadi Stadion M. H. Thamrin.

Petisi ini telah ditandatangani oleh lebih dari 800 orang dengan sasaran 1.000 orang per siang ini. Saat dikonfirmasi, JJ Rizal menyebut petisi ini didukung oleh sejumlah budayawan betawi lainnya.

"Menggunakan platform change.org adalah untuk mendorong gubernur agar lebih yakin bahwa memberi nama bangunan monumental yang dibangunnya itu tepat, benar dan terhormat jika dinamakan Stadion M. H. Thamrin," ungkap JJ Rizal saat dikonfirmasi, Kamis, 2 Juni.

JJ Rizal menuturkan, pihaknya menuntut agar bangunan monumental diberi nama tokoh pahlawan. Mohammad Husni Thamrin, bagi JJ Rizal, merupakan nama tokoh yang tepat untuk diabadikan dalam stadion megah yang dibangun Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Rizal melanjutkan, M. H. Thamrin telah berhasil mewarisi sepakbola modern Indonesia sebagai reaktor kebangsaan, sehingga Jakarta jadi ibukota sepakbola kebangsaan Indonesia.

"MH Thamrin putra Betawi yang menjadi pahlawan nasional sekaligus pahlawan sepakbola Jakarta dan Indonesia yang monumental jasanya. Ia tokoh pergerakan nasional pembela orang kecil di kampung-kampung yang bukan hanya seorang gila bola dan doyan mengolah si kulit bundar, tetapi juga punya visi tentang sepakbola modern Indonesia sebagai reaktor nasionalisme kebangsaan," jelas dia.

Sebetulnya, lanjut JJ Rizal, pihaknya sudah mengajukan surat resmi kepada Anies untuk mengusulkan secara langsung penamaan JIS menjadi Stadion M. H. Thamrin. Namun, sampai saat ini, Anies belum memberi tanggapan.

"Beberapa bulan lalu kami mengajukan surat resmi kepada gubernur untuk dapat bertemu membicarakan gagasan yang yang berkembang terkait penamaan stadion dengan nama MH Thamrin dan pembuatan museum di dalamnya. Kami masih menunggu tanggapan atas surat tersebut," ucap JJ Riza.

"Semoga saja berhasil nanti gubernur mengumumkan namanya Stadion M. H. Thamrin secara resmi pada 25 Juni 2022," imbuhnya.