Peringati Hari Lahir Pancasila, Sang Saka Merah Putih Dibentangkan Kelilingi Candi Borobudur
Bendera Merah Putih membentang sepanjang 1.000 meter mengelilingi Candi Borobudur dalam peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu1 Juni (foto: dok. antara)

Bagikan:

MAGELANG – Guna memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, sejumlah kegiatan dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter untuk mengelilingi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Rabu 1 Juni 2022.

Kegiatan membentangkan Bendera Merah Putih mengelilingi Candi Borobudur tersebut dilakukan oleh para relawan dari berbagai elemen masyarakat seluruh Indonesia, dalam kegiatan Festival Budaya Nusantara.

Ketua Panitia Bentang Bendera Merah Putih 1.000 meter di Candi Borobudur, Edi Santoso, mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk ekspresi cinta terhadap Tanah Air dari para pemuda desa wisata nusantara yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Dengan membentangkan Bendera Merah Putih mengelilingi Candi Borobudur ini untuk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang besar, negara yang cinta budaya, negara yang cinta UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah)," katanya, seperti dikutip Antara.

Usai membentangkan Bendera Merah Putih di sekitar Candi Borobudur, Sang Dwiwarna tersebut dikirab menuju Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Kembanglimus yang berjarak kurang lebih tiga kilometer.

Dengan membentangkan Bendera Merah Putih di Hari Lahir Pancasila tersebut, Edi berharap kegiatan itu dapat menambah rasa cinta Tanah Air bagi para peserta dan masyarakat.

Sementara itu, salah satu panitia kegiatan Ronald Sibarani menjelaskan kegiatan membentangkan Sang Saka Merah Putih sepanjang 1.000 meter tersebut menggambarkan semangat gotong-royong bangsa Indonesia.

"Salah satu semangat gotong-royong bisa dilihat dalam membentangkan Bendera ini. Ada kebersamaan ketika membentangkan Bendera, satu sama lain harus memperhatikan," kata Ronald.

Menurut dia, sifat kebersamaan itu menjadi pesan bahwa semangat gotong-royong akan terus dibutuhkan sebagai langkah terbaik untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Seorang peserta kegiatan Bentang Bendera Merah Putih di Candi Borobudur bernama Lili menyampaikan kegembiraannya bisa memperingati Hari Lahir Pancasila dengan ikut membentangkan Bendera Merah Putih di Candi Borobudur.

"Saya datang ke Borobudur diajak ibu. Kebetulan baru kali ini saya berkunjung ke Candi Borobudur," kata perempuan asal Nias, Sumatera Utara itu.