Meski Tren COVID-19 Menurun Pemkot Palembang Tetap Lakukan Percepatan Vaksinasi <i>Booster</i>
Ilustrasi/Foto: PIXABAY

Bagikan:

PALEMBANG - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan mengupayakan percepatan pelayanan vaksinasi 'booster ' atau penguat untuk memaksimalkan kekebalan komunal dari penularan COVID-19.

"Untuk mempercepat vaksinasi booster yang kini realisasinya telah mencapai sekitar 23 persen itu, masyarakat yang telah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama dan kedua lebih dari tiga bulan untuk mendatangi puskesmas dan tempat pelayanan vaksinasi massal di pusat keramaian termasuk di mal, kata Kepala Dinas Kesehatan Palembang Fenty Aprina, di Palembang, Senin 30 Mei.

Selain itu, pihaknya juga berupaya menuntaskan pelayanan vaksinasi dosis pertama yang telah mencapai di atas 1,1 juta jiwa atau 86 persen

dari total target sasaran 1.4 juta jiwa.

Sementara pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis kedua di wilayah 18 kecamatan dalam Kota Palembang telah mencapai sekitar 72 persen dari target 1,4 juta jiwa.

"Realisasi pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama dan kedua diupayakan segera tuntas dalam beberapa bulan ke depan, sehingga pihaknya bisa lebih fokus melayani vaksinasi booster," ujar Fenty dikutip Antara.

Menurut dia, untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 perlu dilakukan perlindungan maksimal kepada masyarakat dengan vaksinasi lengkap dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Bagi masyarakat yang hingga kini masih belum divaksin diimbau untuk segera mengikuti pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan dan sentra pelayanan vaksinasi massal yang diselenggarakan jajaran Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan instansi lainnya.

Untuk melakukan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat seluruh kelompok sasaran di wilayah 18 kecamatan dalam Kota Palembang, pihaknya menyiapkan ratusan petugas/juru vaksin.

"Melalui upaya tersebut diharapkan pandemi COVID-19 bisa segera berakhir serta kegiatan masyarakat dan ekonomi dapat berjalan normal seperti sebelumnya," katanya.

Untuk memberikan kemudahan masyarakat mendapatkan pelayanan vaksinasi, tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gandus Palembang, membuka pelayanan vaksinasi massal di mal Palembang Icon sejak pertengahan Mei 2022 hingga akhir bulan ini.

"Pelayanan vaksinasi massal tersebut kami lakukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat memperoleh vaksin baik dosis pertama, kedua, maupun dosis ketiga atau penguat (booster). Sambil belanja bersama keluarga bisa mendapatkan vaksin COVID-19," ujar Direktur RSUD Gandus drg.Irma Novianty.