Jelang Rakernas, NasDem Wacanakan Andika Perkasa dan Rachmat Gobel Diusung di Pilpres 2024
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem tengah memanaskan mesin politik menyongsong Pilpres 2024 jelang Rakernas yang akan digelar pada Juni. Rakernas partai besutan Surya Paloh akan menentukan arah politik sekaligus sosok calon presiden yang akan diusung. 

Anggota DPR dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan mengatakan, partainya tengah menjaring nama-nama calon presiden dari semua DPW Partai NasDem. Dia mengungkapkan ada dua nama populer yang muncul untuk diajukan sebagai capres. 

"Apabila diamati ada dua nama yang baru saja diwacanakan untuk menjadi capres yang mungkin diusulkan dalam Rakernas Partai NasDem di Jakarta nanti," ujar Farhan dalam keterangan tertulis, Rabu, 25 Mei. 

Dua nama tersebut yakni Panglima TNI Andika Perkasa dan Wakil Ketua DPR dari NasDem Rachmat Gobel. Farhan menyebut, Andika mewakili kader pemimpin nasional dari TNI. Sementara Rahmat Gobel mewakili kader pemimpin nasional dari Indonesia Timur.

"Dinamika munculnya dua nama baru itu membuat percaturan Capres jadi sangat menarik," katanya.

Farhan memastikan, NasDem tidak akan bimbang untuk menentukan figur capres. Hanya saja, kata dia, berkaca dari perhelatan pemilu sebelumnya maka penentuan calon akan dilakukan dengan matang. 

"Bukan bimbang tapi menimbang dengan masak. Walaupun demikian, untuk kandidat presiden atau wakil presiden, nama kader NasDem Rachmat Gobel, patut diperhitungkan seiring dengan aspirasi dari kader-kader dan DPW dari Indonesia Timur," ungkap Farhan.

Terkait sikap koalisi, Farhan menilai, hingga saat ini belum prioritas untuk dilakukan. Sebab menurutnya, terlalu dini memastikan peta koalisi. 

"Karena ada banyak dinamika yang masih memungkinkan perubahan koalisi yang tidak mengikat tersebut," katanya.