Ukraina Kumpulkan Jasad Tentara Rusia untuk Pertukaran Tahanan Perang, Dibawa Pakai Gerbong Khusus Berpendingin
Ilustrasi tentara Rusia yang berhasil ditahan pihak Ukraina. (Wikimedia Commons/mvs.gov.ua/Міністерство внутрішніх справ України)

Bagikan:

JAKARTA - Ukraina mengumpulkan mayat tentara Rusia yang tewas berserakan di antara puing-puing kota yang sebelumnya diduduki, menggunakan segala sesuatu mulai dari DNA hingga tato untuk memverifikasi identitas mereka dengan harapan dapat ditukar dengan tawanan perang.

Relawan telah membantu militer mengumpulkan 60 mayat di wilayah timur laut Kharkiv, di mana pasukan Rusia telah mundur dalam beberapa pekan terakhir, menumpuknya di gerbong kereta berpendingin.

Jenazah terkadang digunakan sebagai bagian dari pertukaran tahanan dan terkadang sebagai pertukaran untuk mayat Ukraina, kata Anton Ivannikov, kapten cabang kerjasama militer-sipil, Angkatan Bersenjata Ukraina, yang mengoordinasikan upaya tersebut.

Dikatakan, mayat orang-orang yang terkait dengan pejabat tinggi bisa sangat berharga untuk pertukaran.

"Kami mengumpulkan semua dokumen, semua kartu kredit. Apa pun yang akan membantu kami mengidentifikasi tubuh termasuk tato dan DNA," terang Ivannikov, seperti melansir Reuters 25 Mei.

"Di masa depan ini akan memberi tahu kami prajurit mana, brigade mana yang berada di wilayah ini, untuk pertukaran lebih lanjut," sambungnya.

Lebih jauh Ivannikkov menerangkan, jenazah akan melakukan perjalanan dengan kereta api ke Kyiv di mana tim negosiasi pertukaran berbasis.

Upaya pemulihan telah dimungkinkan karena Ukraina mendorong pasukan Rusia dari kota-kota di wilayah Kharkiv, dengan sebagian besar dari jangkauan artileri kota Kharkiv, kota terbesar kedua di negara itu.

Pada upaya pemulihan baru-baru ini di desa Mala Rohan, tepat di sebelah timur kota Kharkiv, Reuters menyaksikan para sukarelawan menggunakan tali untuk mengeluarkan mayat dua tentara Rusia dari sumur di antara rumah-rumah yang rusak parah akibat penembakan.

Setidaknya salah satu dari keduanya diikat tangan, sebuah tanda, kata Ivannikov, bahwa mereka mungkin telah dihukum sebagai pembelot. Reuters tidak dapat memverifikasi keadaan dari salah satu kematian tersebut.

Dua sukarelawan membungkus mayat-mayat itu dengan terpal plastik putih dan mengangkatnya ke dalam ambulans yang sudah menunggu.

Para sukarelawan menggali mayat lain dari kuburan dangkal yang ditandai dengan papan karton darurat, bertuliskan 'Penghuni Rusia dimakamkan di sini' dengan nama tentara dan tanggal pemakaman.

Mayat keempat, salah satu dari 12 yang ditemukan di desa selama tiga hari, ditarik dari ruang bawah tanah rumah seorang wanita. Dia ditinggalkan sendirian ketika rekan-rekannya mundur, kata Ivannikov.

"Kemungkinan besar, dia menembak dirinya sendiri," tandasnya.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan komentar atas tuduhan tentara Rusia mungkin ditembak karena desersi, atau apakah mereka akan mempertimbangkan untuk menukar mayat dengan tawanan perang Ukraina.

Sementara militer Ukraina menemukan mayat di sekitar Kharkiv, sekitar 240 km (149 mil) ke tenggara, pasukannya bertahan melawan serangan intens di wilayah Donbas di Ukraina Timur.

Diketahui, Moskow menyebut tindakannya sebagai "operasi khusus" untuk melucuti senjata tetangganya pada 24 Februari lalu. Sementara, Kyiv mengatakan tidak pernah mengancam Rusia dengan cara apa pun dan mengatakan serangan itu benar-benar tidak beralasan.