Gara-gara Tabung Gas 3 Kg Bocor, Satu Rumah di Kramat Jati Terbakar
Tabung gas 3 kg yang bocor lalu terbakar menghanguskan rumah di Kramat Jati Jaktim/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Peristiwa kebakaran melanda satu unit rumah warga di Jalan Batu Ampar 3, RT 01/04, Nomor 3, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramat Jati, pada Senin, 23 malam. Api berasal dari kebocoran tabung gas bersubsidi 3 kilogram yang biasa digunakan untuk memasak.

"Asal api yang jelas dari tabung gas. Habis rumah saya, bagian plafon, kamar saya yang dari triplek. Yang terbakar bagian lantai dua aja, rumah saya. Yang bawah (pertokoan) selamat," kata Salim, pemilik rumah kepada wartawan, Senin, 23 Mei, malam.

Salim menjelaskan, kejadian itu bermula saat dirinya dikabarkan oleh sang anak yang melihat titik api sudah membesar di rumahnya yang posisinya berada di lantai dua bangunan tipe ruko.

"Anak saya lihat api langsung lapor ke saya, saya kebetulan lagi nongkrong di Indomaret. Pas saya naik, api sudah membesar," ujarnya.

Kata Salim, api yang membesar itu sudah membakar meja dapur rumahnya. Sang anak yang sempat menyelamatkan dokumen berharga, langsung dilarang Salim untuk melakukan hal tersebut.

Sebab api sudah mulai melumat isi rumah sehingga dikhawatirkan jika anaknya fokus menyelamatkan dokumen, nyawanya terancam.

"Anak saya selamatkan berkas, berkas diturunkan, pas udah mau naik lagi saya bilang 'enggak usah, enggak usah, cepat turun!' api sudah membesar saya pun enggak berani," katanya.

Salim menambahkan tak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Namun kerugian materiil diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

"Enggak ada korban jiwa. Kalau kerugian materiil sekitar Rp60 juta," ujarnya.

Api baru padam setelah petugas Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur tiba di lokasi kebakaran.

Kasiops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, pihaknya mendapat laporan adanya kejadian di lokasi sekira pukul 20.40 WIB.

"Kami kerahkan 8 unit mobil pemadam kebakaran disertai 40 personel guna memadamkan api," ungkap Gatot melalui keterangannya.

Awal pemadaman dilakukan pukul 20.44 WIB dan berakhir pukul 21.07 WIB. Proses berjalan lancar. Tak ada korban jiwa.

"Luas objek yang terbakar kurang lebih 200 meter persegi, bangunan semi permanen ya. Kebakaran karena kebocoran tabung gas diduga pas sedang memasak, tiba-tiba tabung gas bocor dan menyambar ke meja kompor," pungkasnya.