Bagikan:

JAKARTA - Sebuah rumah tinggal di kawasan Jalan Pinang, Cilandak, Jakarta Selatan ludes terbakar. Menurut keterangan petugas pemadam, penyebab api kebakaran diakibatkan dari puntung rokok yang masih menyala mengenai kasur.

Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Usman membenarkan adanya peristiwa tersebut. Kejadian itu terjadi pada Senin, 23 Mei, pukul 01.06 WIB.

Usman mengatakan, insiden kebakaran itu berawal dari seorang pria yang diketahui memiliki gangguan jiwa atau Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), bernama Wisnu (40) tengah menghisap rokok di salah satu kamar rumah tersebut. Tanpa sadar api itu menyambar sebagai kasur.

"Menghisap rokok di Kasur, menyambar sebagian kasur. (Kemudian) pada jam 01.00 api terlihat di lantai 2 rumah sudah membesar," terang Usman saat dikonfirmasi, Senin, 23 Mei.

Pihak keluarga bersama warga berupaya memadamkan api dan sebagian langsung melaporkan kejadian itu ke pemadam kebakaran Jakarta Selatan.

Hingga akhirnya sebanyak 11 unit dan puluhan personel diterjunkan damkar Jakarta Selatan. Hasilnya api dapat dipadamkan pada pukul 02.00 WIB.

"Mulai pemadaman pukul 01.16, kemudian pukul 01.40 sudah mulai pendinginan dan dinyatakan selesai pukul 02.00," jelasnya.

Usman menerangkan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

"Kerugian ditaksir hingga Rp200 juta," tutupnya.