Kali Pertama Kunjungi China, Kepala HAM PBB Diagendakan Sambangi Xinjiang: Dapat Akses Tak Terbatas?
Kepala HAM PBB Michelle Bachelet. (Wikimedia Commons/Gobierno de Chile)

Bagikan:

JAKARTA - Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet, memulai kunjungannya ke China Hari Senin ini, perjalanan pertama kepala kantor tersebut sejak tahun 2005 di tengah kekhawatiran China itu mengarah pada dukungan daripada pengawasan catatan hak-hak China.

Selama perjalanan enam hari, Bachelet akan mengunjungi Xinjiang, di mana kantor Komisaris Tinggi mengatakan tahun lalu mereka yakin sebagian besar Muslim etnis Uighur telah ditahan secara tidak sah, dianiaya dan dipaksa bekerja.

"Tujuan kunjungannya benar-benar berfokus pada dialog dengan pihak berwenang China tentang berbagai masalah hak asasi manusia domestik, regional dan global," kata kantor Bachelet awal pekan ini, melansir Reuters 23 Mei.

Sebelumnya, China telah berulang kali membantah adanya perlakuan buruk terhadap warga Muslim etnis Uighur.

Perjalanan pada 23-28 Mei telah lama direncanakan, setelah Bachelet mengatakan dia menginginkan akses tanpa batas ke Xinjiang pada tahun 2018. China mengatakan kunjungan itu tidak boleh didasarkan pada praduga bersalah.

Terkait hal tersebut, tidak segera jelas berapa banyak akses yang akan diberikan kepada Bachelet oleh otoritas China.

muslim uighur
Ilustrasi Muslim Uighur. (Wikimedia Commons/travelingmipo)

Sementara itu, kelompok hak asasi khawatir jika Bachelet tidak menekan China cukup keras. Laporan pasca perjalanannya mungkin tidak memberikan gambaran lengkap dan dapat digunakan oleh Beijing untuk membenarkan tindakannya di Xinjiang.

Terpisah, Kongres Uighur Dunia dalam sebuah surat mendesak Bachelet untuk memastikan bahwa timnya dapat bergerak bebas, mengakses semua fasilitas penahanan dan memiliki kontak tanpa pengawasan dengan orang Uighur.

"Kami khawatir perjalanan itu mungkin lebih berbahaya daripada manfaatnya. China dapat menggunakannya untuk tujuan propaganda," terang juru bicara Kongres Zumretay Arkin kepada Reuters.

Pengawasan internasional terhadap tindakan pemerintah di Xinjiang meningkat pada tahun 2018, setelah PBB mengatakan 1 juta orang Uighur ditahan di 'kamp interniran besar-besaran' yang didirikan untuk indoktrinasi politik.

China awalnya menyangkal keberadaan kamp, ​​kemudian mengakui telah mendirikan 'pusat pelatihan kejuruan' dengan asrama, di mana orang dapat 'secara sukarela' memeriksakan diri untuk belajar tentang hukum, bahasa Mandarin, dan keterampilan kejuruan.

Partai Komunis yang berkuasa ateis mengatakan pusat-pusat seperti itu diperlukan untuk mengekang 'Tiga Kekuatan' terorisme, separatisme dan radikalisme agama di Xinjiang, yang berbatasan dengan Asia Tengah di perbatasan barat laut China.

Adapun Gubernur Xinjiang Shohrat Zakir mengatakan pada 2019 silam, semua peserta pelatihan tersebut telah "lulus".

Diketahui, Amerika Serikat memberi sanksi kepada pejabat China yang dituduh melakukan pelanggaran hak di Xinjiang pada tahun 2020 dan 2021, memberlakukan larangan atas barang-barang yang diproduksi di Xinjiang karena kekhawatiran akan kerja paksa.

Adapun Beijing membantah tuduhan Barat tentang kerja paksa, genosida dan pelanggaran hak asasi manusia dan berulang kali memperingatkan negara-negara lain untuk tidak ikut campur dalam urusan dalam negerinya.