Peringati Hardiknas 2022, Gubernur Sulsel Komitmen Tingkatkan Kompetensi Guru
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meluncurkan program Andalan Baruga Kompetensi GTK. (ANTARA/HO-Pemprov Sulsel)

Bagikan:

SULSEL - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman meluncurkan program baru untuk meningkatkan kompetensi guru di daerahnya. Program itu bernama Andalan Baruga Kompetensi GTK diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hardiknas 2022

Andi mengatakan Hardiknas 2022 menjadi momentum pihaknya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sulsel. Termasuk mengurangi angka Anak Tidak Sekolah (ATS).

“Bagaimana pendidikan kita, pendidikan kearifan lokal kita kuat dan kemudian memberikan karakter. Membawa kebaikan pendidikan umum kita, pendidikan keagamaan dan kearifan lokal, membawa generasi kita memiliki kepemimpinan kuat,” katanya melansir Antara.

Ia menyebutkan, yang penting dalam pendidikan adalah menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dengan moral dan karakter kepemimpinan yang kuat.

"Mereka akan menjadi pemimpin masa depan. Kita tidak krisis orang pintar dan tidak krisis orang cerdas, tapi kita butuh moral dan karakter kepemimpinan yang kuat," ujarnya.

Andi menilai, peningkatan SDM melalui pendidikan sangat penting sebagai investasi masa depan dan berharap stakeholder di dunia pendidikan di Sulsel dapat menyatukan pola pemikiran dan pola kerja untuk mengakselarasi mutu pendidikan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad menjelaskan, dengan program tersebut bisa meningkatkan kompetensi guru-guru secara masif dan mampu menggunakan biaya yang rendah.

"Kita juga menggunakan platform yang namanya baruga GTK Belajar untuk meningkatkan agilitas kinerja dan kompetensi guru pendidikan," tandasnya.