Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menampakan ekpresi kecewa bercampur kesal saat meninjau proyek Water Park Jurug, Jebres. Bagaimana tidak, sudah berjalan dua tahun, perkembangan proyek tersebut begitu lambat.

Saat meninjau lokasi proyek hari ini Gibran menyebut ada proses pengerjaan dalam proyek tetapi lambat. 

"Ya enggak selesai-selesai, lambat makanya saya kejar-kear. Kalau saya enggak marah bisa jadi mangkrak," terang Gibran dilansir dari kanal Youtube @berita surakarta, Selasa, 17 Mei. 

Gibran kemudian berjanji akan memantau secara ketat pengerjaan proyek. Dari keterangan pengembang, pada Desember 2022 fase satu pengerjaan akan rampung dan dilakukan soft launching.

"Itu lagi separoh loh, kudu nunggu satu tahun untuk penyelesaian sampai 100 persen. Terus tak oyak-oyak, dari pengelola menjanjikan fase satu selesai Desember 2022," ungkap Gibran. 

Putra sulung Presuden Joko Widodo (Jokowi) ini menambahkan, dirinya sudah memanggil langsung Direktur Tirtamas Water Park, Jebres. Sebab selama ini saat melintas di lokasi, Gibran jarang menemui tukang yang bekerja.

"Neng kono, nek aku lewat ora ono aktivitas, tukange yo sitik. Sudah saya panggil langsung direkturnya tadi, saya tanya on track tidak," sambungnya.

Ada beberapa alasan yang disampaikan pihak pengembang kenapa proyek dengan nilai kontrak Rp50 miliar tersebut lambat. Pertama, karena pandemi COVID-19 serta kontur tanah yang sulit."Kenapa dari awal tidak memprediksi," imbuh dia.

Direktur Utama PT Arta Tirtamulyo Mulyono Sadeli menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan sudah berapa persen pengerjaan proyek tersebut berlangsung. Namun pada Desember mendatang fase pertama proyek akan rampung. "Dan langsung sof launching," ucapnya. 

Soal kendala dalam pembangunan, menurut Mulyono, sebenarnya teknis mulai turunnya tanah di area belakang sepanjang 17 meter, kontur tanah kemudian hujan yang turun hampar setiap hari.

"Saya tidak akan menjelaskan apakah sudah diprediksi atau tidak, karenya kondisinya seperti itu. Awalnya dulu ini masih hutan, jadi masuk sini belum bersih," jelas dia.

Dalam Water Park Jebres nanti ada beberapa wahana, seperti gedung loby, kolam arus, menara luncur, kolam space.