Gibran Bakal Bertolak ke UEA Sambut Bantuan MBZ untuk Tuntaskan Proyek Mangkrak GOR Indoor Manahan
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal mendapat sokongan dana untuk menuntaskan proyek mangkrak Gedung Olahraga (GOR) Indoor Manahan, Solo.

Merealisasikan hal itu, Gibran bakal bertolak ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada akhir 2022.

"Saya sedang mencari pembiayaannya, untuk single seat, untuk AC, TV videotron 4 sisi, flooring," katanya pada Selasa 13 Desember, dikutip dari kanal YouTube Berita Surakarta.

"Intinya saya sudah ada solusi. Jadi akhir tahun jangan mencari saya dulu. Saya mau menghilang dulu mau cari uang dulu. Ada pembiayaan," sambung Gibran.

Rencana Gibran ini merupakan respons dari perbincangannya dengan Presiden UEA, Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Keduanya sempat satu mobil saat MBZ ke Solo beberapa waktu lalu.

"Nanti ada bantuan-bantuan dari beliau. Kalau Sheikh Mansour [saudara MBZ pemilik Manchester City], urusannya dengan Kaesang. Kalau ini saya beda, urusannya yang mangkrak-mangkrak itu Gelora Bung Karno (GOR Indoor Manahan)," ujar Gibran.

Tak hanya soal proyek mangkrak, perbincangan Gibran dengan MBZ seputar penurunan kemiskinan di Kota Solo.

Awalnya Gibran bercerita kepada MBZ bahwa Kota Solo telah berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga 70 persen. MBZ menanggapi positif data tersebut dan meminta Gibran untuk menjadikan angka penurunan hingga 100 persen.

"'Bagus banget, dijadikan 100 persen gimana?'" kata Gibran meniru perkataan MBZ.

"'Iya, dibantu ya.' Makannya aku mau terbang ke sana [UEA]," tambah Gibran.

Gibran lantas meringkas pembahasanya dengan MBZ selain olahraga dan kemiskinan, ada juga rumah tidak layak huni (RTLH), kesehatan, dan masih banyak lagi.

"Intinya proposalnya sudah sampai sana. Kemarin, juga sudah dikonfirmasi. Semuanya setuju. Saya tinggal terbang ke sana dan presentasi saja. Beres," tandasnya.