Bupati Lamongan Tegaskan Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku Ternak Sapi Sudah Terkendali
Bupati Lamongan, Jatim, Yuhronur Efendi (kiri) (ANTARA/HO Pemkab Lamongan)

Bagikan:

LAMONGAN - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menegaskan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah itu sudah terkendali setelah dilakukan upaya berupa pemberian antibiotik, vitamin dan disinfektan.

Yuhronur mengatakan upaya lain yang telah dilakukan adalah melokalisasi sapi dengan penutupan dua pasar besar hewan hingga koordinasi dengan Polres Lamongan untuk mengontrol keluar masuk sapi.

"Kami terus melakukan upaya itu dan terbukti efektif untuk mempercepat penanganan dan mencegah penyebaran virus PMK di Lamongan," kata Yuhronur dilansir Antara, Senin, 16 Mei.

Berdasarkan data Dinas Peternakan Kabupaten Lamongan, penularan PMK di wilayah itu berada di 22 desa yang tersebar di delapan kecamatan, dengan jumlah populasi ternak terjangkit sebanyak 149 ternak, 72 ekor diantaranya sudah pulih dan 5 ternak mati.

"Per tanggal 13 Mei 2022, sesuai laporan sekitar 149 sapi yang terjangkit, meski ada lima yang mati, namun berita baiknya ada 72 sapi yang sudah sembuh. Kami terus melakukan tindakan oleh Dinas Peternakan Lamongan dengan pengobatan tiga suntikan dan membersihkan kukunya dengan formalin (disinfektan pembunuh hama)," katanya.

Ia mengatakan penyebaran PMK di Lamongan relatif terkendali dan sapi yang sebelumnya mengalami pengurangan nafsu makan dan tidak bisa berdiri, saat ini sudah mulai membaik.

"Alhamdulillah, menurut laporan tim satgas penanganan yang ada di Tikung, sapi yang mendapatkan suntikan dan perawatan, nafsu makannya meningkat dan sudah bisa berdiri. Artinya, PMK ini bisa diobati. Penularannya juga tidak begitu cepat di Lamongan. Kita ketahui di awal PMK masuk ada sekitar 100 lebih sedikit yang sakit, dan sekarang menjadi 149 sapi dari populasi 357 ternak di wilayah penularan," katanya.

Sementara itu, untuk mencegah PMK meluas, Yuhronur mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair untuk membantu mencegah penyebaran virus.

"Terima kasih atas niat baik dari FKH Unair untuk membantu menangani kasus PMK di lapangan. Kami akan tetap berkoordinasi dengan baik, sehingga penanganan ini bisa seragam dan serentak, baik yang dilakukan di Lamongan maupun yang di tempat lain," katanya.

Rencananya, tim FKH Unair disebar ke tingkat kecamatan yang terjangkit PMK agar kasusnya secepatnya diperkecil dan tidak sampai menyebar ke kambing dan domba.