Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu dengan Golkar-PAN, PPP: Kerja Sama yang Cantik Antar Parpol
Ilustrasi-Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa, mengamini pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu yang dicetuskan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. 

Menurut Suharso, bersatunya tiga partai politik yakni PPP, PAN dan Golkar adalah bentuk kerja sama yang bisa saling mengisi untuk kebaikan bangsa ke depannya.

"Kerja sama yang jauh lebih awal, lebih cantik antara sesama parpol untuk saling mengisi, dan untuk saling memperkuat kebersamaan kita," ujar Suharso dalam keterangannya, Jumat, 13 Mei. 

Selain itu, Suharso mengatakan, koalisi tiga parpol ini juga untuk menjauhkan perpecahan yang pernah terjadi pada Pemilu 2019 lalu. Dia berharap, pengkubuan tidak terulang lagi pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

"Sebagai bangsa yang besar, kita menunjukkan kepada dunia bahwa kita juga bisa dengan suka cita melaksanakan Pemilu dengan baik," katanya.

Sebagai bagian dari koalisi pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin, Menteri BPN/Bappenas itu memastikan elite ketiga partai sepakat untuk tetap bertanggungjawab terhadap keberlanjutan pembangunan demi kepentingan seluruh rakyat dan seluruh bangsa.

"Kami memastikan seluruh perjalanan pertanggungjawaban yang harus diemban oleh pemerintahan, masa kita harus selesai dengan tuntas dan dengan baik. Dan melahirkan legasi-legasi bagi rakyat dan bangsa  sampai dengan masa jabatan tahun 2024 ini," ungkap Suharso.

Diketahui sebelumnya, Airlangga Hartarto menyatakan Golkar, PPP, dan PAN bersatu berkoalisi dalam pertemuan pada Kamis, 12 Mei, malam. Bahkan, dia mengibaratkan persatuan itu seperti simbol masing-masing parpol.

"Bersatu adalah beringin, surya alam, dan baitullah. Jadi kalo pohon beringin harus disinari oleh matahari, dia akan menjadi hijau dan kalau sudah tumbuh bisa sama-sama membangun dan melanjutkan mendapatkan Ridha Allah SWT," kata Airlangga usai pertemuan semalam.