Belum Mengetahui Penyebab Penularan, Dinkes Gunung Kidul Waspada Hepatitis Akut pada Anak
Ilustrasi kasus hepatitis akut pada anak. (Pixabay)

Bagikan:

DIY - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memastikan belum ada kasus hepatitis akut pada anak di wilayahnya. Namun, terkait potensinya sudah diantisipasi.

"Sampai saat ini, di Gunung Kidul belum ada laporan dari fasilitas pelayanan kesehatan terkait temuan kasus hepatitis akut pada anak. Namun demikian, kami tetap waspada," kata Kepala Dinkes Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, dikutip dari Antara, Kamis 12 Mei.

Ia menambahkan, pihaknya tetap meminta seluruh petugas fasilitas pelayanan kesehatan meningkatkan kewaspadaan dini hepatitis akut anak. Kebijakan itu sesuai dengan surat edaran (SE) dari Kementerian Kesehatan terkait Hepatitis Akut.

Namun demikian, Dewi mengakui belum bisa mengetahui bagaimana Hepatitis Akut ini menular. Namun kemungkinan besar bisa melalui saluran pernapasan hingga pencernaan manusia.

Selain itu, sampai saat ini belum diketahui pasti pula bagaimana ciri khas dari hepatitis akut ini. Namun secara umum, gejala hepatitis biasanya berupa mata, kulit hingga air seni berwarna kuning serta gejala mual dan muntah.

"Untuk itu, kami minta masyarakat agar pola hidup bersih sehat diperkuat, pastikan makanan dalam kondisi bersih dan dimasak hingga matang," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengatakan, dirinya sudah minta Dinas Kesehatan dan jajarannya meningkatkan kewaspadaan dini terhadap hepatitis akut yang menyerang anak ini.

"Kami meminta peningkatan monitoring di masyarakat terkait potensi penularan hepatitis akut. Kami juga akan terus memantau perkembangan dari pusat terkait penyakit ini. Berdasarkan laporan, sejauh ini di Gunung Kidul belum ditemukan adanya penyakit ini. Namun demikian, kami mengimbau kepada masyarakat juga terus meningkatkan kewaspadaan," tandasnya.