Peringatan 77 Tahun Hari Kemenangan Rusia: Presiden Putin Bangkitkan Memori Kepahlawanan Soviet, Semangati Pasukan di Ukraina
Ilustrasi Presiden Rusia Vladimir Putin saat parade Victory Day. (Wikimedia Commons/The Presidential Press and Information Office)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin membangkitkan memori kepahlawanan Uni Soviet dalam Perang Dunia Kedua, untuk menginspirasi tentaranya berperang di Ukraina, tetapi tidak menawarkan peta jalan baru menuju kemenangan.

Berbicara kepada prajuritnya yang mengikuti peringatan 77 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman di Lapangan Merah, Presiden Putin mengutuk apa yang disebutnya ancaman eksternal untuk melemahkan dan memecah belah Rusia, mengulangi argumen yang biasa dia gunakan untuk membenarkan invasi Rusia pada 24 Februari, NATO menciptakan ancaman tepat di sebelah perbatasannya.

Dia secara langsung berbicara kepada tentara yang bertempur di wilayah Donbas di Ukraina timur, yang telah dijanjikan Rusia untuk 'dibebaskan' dari kendali Kyiv.

"Anda berjuang untuk Tanah Air, untuk masa depannya, agar tidak ada yang melupakan pelajaran dari Perang Dunia Kedua. Agar tidak ada tempat di dunia untuk algojo, pepemburu dan Nazi," katanya, melansir Reuters 9 Mei.

victory day rusia
Ilustrasi militer Rusia saat parade Victory Day. (Wikimedia Commons/The Presidential Press and Information Office)

Pidatonya termasuk mengheningkan cipta selama satu menit. "Kematian setiap prajurit dan perwira kami adalah kesedihan bersama, kehilangan yang tidak dapat diperbaiki untuk teman dan kerabat mereka," ujar Putin, berjanji bahwa negara akan menjaga anak-anak dan keluarga mereka.

Diketahui, Presiden Putin telah berulang kali menyamakan perang, yang ia sebut sebagai pertempuran melawan nasionalis berbahaya yang diilhami Nazi di Ukraina, dengan tantangan yang dihadapi Uni Soviet ketika Hitler menginvasi pada tahun 1941.

Didahului oleh keriuhan yang menggetarkan, Presiden Putin menyampaikan pidatonya setelah sekelompok delapan penjaga berpawai melintasi jalan berbatu di Lapangan Merah membawa bendera tiga warna Rusia dan spanduk merah kemenangan palu arit Soviet, disertai dengan musik bela diri yang menggetarkan.

Pasukan tempur menanggapi dengan sorak-sorai yang menggelegar ketika Menteri Pertahanan Sergei Shoigu melintasi alun-alun dengan limusin hitam, memberi hormat kepada unit-unit termasuk unit rudal, garda nasional dan pasukan terjun payung dan memberi selamat kepada mereka pada hari jadi tersebut.

Pidato Putin diikuti oleh parade melintasi lapangan luas yang menampilkan tank Armata dan T-90M Proryv terbaru Rusia, sistem roket multi-peluncuran hingga rudal balistik antarbenua.

Sementara, fly-past kekuatan udara Rusia yang semula direncanakan seperti parade perayaan sebelum-sebelumnya, kali ini dibatalkan karena kondisi mendung.

victory day rusia
Ilustrasi militer Rusia saat parade Victory Day. (Wikimedia Commons/The Presidential Press and Information Office)

Presiden Putin kemudian meletakkan karangan bunga di Makam Prajurit Tidak Dikenal, menempatkan anyelir merah pada peringatan untuk memperingati Kota Pahlawan Soviet yang melawan pasukan Hitler. Mereka termasuk Kyiv dan Odesa, pengingat kerugian besar yang diderita oleh Ukraina serta Rusia dalam perang.

Dia berbicara kepada Rusia pada salah satu hari libur tahunan terpentingnya, ketika negara itu menghormati 27 juta pejuang Soviet yang kehilangan nyawa mereka dalam perjuangan untuk mengalahkan Adolf Hitler, sumber kebanggaan dan identitas nasional.

Tetapi, Presiden Putin tidak memiliki kemenangan untuk diumumkan di Ukraina dan pidato 11 menitnya, pada hari ke-75 invasi, sebagian besar terkenal karena apa yang tidak dia katakan.

Dia tidak menyebut nama Ukraina, tidak memberikan penilaian kemajuan dalam perang dan tidak memberikan indikasi berapa lama perang itu akan berlanjut. Tidak ada referensi tentang pertempuran berdarah untuk Mariupol, di mana para pejuang Ukraina yang bersembunyi di reruntuhan pabrik baja Azovstal, masih melakukan perlawanan menentang invasi Rusia.