94.742 Wisatawan Kunjungi Dieng Saat Libur Lebaran 2022
Wisata Dieng (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah menginformasikan, selama libur Lebaran 1443 Hijriah sebanyak 94.742 orang wisatawan mengunjungi Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

"Sejak H-1 Lebaran hingga hari ini total pengunjung sebanyak 94.742 wisatawan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Objek wisata Dieng, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Sri Utami di Banjarnegara, Minggu, 8 Mei.

Dia menambahkan, sebanyak 94.742 pengunjung tersebut tercatat mendatangi berbagai destinasi yang ada di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, seperti Kawah Sikidang, Candi Arjuna dan berbagai daya tarik lainnya.

"Kawah Sikidang dan Candi Arjuna merupakan destinasi yang paling banyak dikunjungi," katanya dikutip dari ANTARA.

Sri Utami juga menambahkan, secara keseluruhan aktivitas di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng selama musim libur Lebaran berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

"Penerapan protokol kesehatan juga berjalan dengan sangat ketat, sosialisasi mengenai pentingnya memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan juga terus dilakukan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto menambahkan, Pemkab Banjarnegara berkomitmen untuk mewujudkan kelancaran aktivitas pariwisata di wilayah setempat selama libur Lebaran.

"Kami sejak tanggal 4 Mei hingga 11 Mei 2022 nanti membentuk tim khusus pekan Lebaran untuk mengawal aktivitas pariwisata di Kabupaten Banjarnegara termasuk di destinasi favorit seperti Dieng," katanya.

Tim khusus pekan Lebaran tersebut, tambah dia, terdiri dari berbagai instansi terkait seperti Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, Dinas Perhubungan, TNI, Polri, Satpol PP, hingga pemerintah desa setempat.

"Tim khusus pekan Lebaran ini bertugas untuk mengatur kelancaran mobilitas wisatawan selama berada di tempat wisata, termasuk juga lalu lintas dari dan menuju objek wisata," katanya.

Selain itu, kata dia, tim khusus juga bertugas untuk memastikan penerapan protokol kesehatan telah berjalan dengan baik sesuai aturan yang telah ditetapkan.

"Dengan demikian persiapan untuk kelancaran aktivitas pariwisata di Banjarnegara termasuk di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng telah dilakukan sejak jauh-jauh hari dan kami memastikan hingga saat ini aktivitas pariwisata di seluruh wilayah ini berjalan dengan aman dan terkendali," katanya.