Libur Lebaran 2023, Okupansi Hotel di Nusa Dua Capai 78,37 Persen
Ilustrasi Hotel (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Tingkat hunian rata-rata atau occupancy rate di Kawasan The Nusa Dua, kawasan pariwisata yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) meningkat selama periode libur Lebaran 2023.

General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan tingkat okupansi di Kawasan The Nusa Dua selama periode libur Lebaran pada 19 hingga 25 April 2023 tercatat mencapai 78,37 persen.

Lebih lanjut, Ardita menjelaskan angka ini meningkat 13,58 persen dibandingkan dengan tingkat okupansi pada libur Lebaran 2022 yang sebesar 69 persen dan meningkat jauh dibanding tingkat okupansi libur Lebaran 2021 lalu yang hanya sebesar 11,14 persen.

“Kami bersyukur libur Lebaran tahun ini memberikan dampak positif pada peningkatan okupansi di kawasan The Nusa Dua,” ujarnya di Jakarta, Rabu, 26 April.

Kata Ardita, peningkatan tingkat okupansi di kawasan selama libur Lebaran tahun ini didorong oleh peningkatan kunjungan wisatawan dan adanya beragam penawaran promo menarik dari tenant di kawasan, berbagai aktivitas menarik.

“Serta atraksi dan fasilitas yang tersedia di kawasan The Nusa Dua mampu menarik wisatawan untuk menghabiskan momen libur Lebaran tahun ini di Kawasan The Nusa Dua,” jelasnya.

Selama periode libur Lebaran ini, ujar Ardita, terdapat 18 hotel mencapai okupansi di atas 70 persen. Sementara jumlah kunjungan wisatawan ke Daerah Tujuan Wisata (DTW) Water Blow Peninsula, salah satu spot wisata alam di The Nusa Dua, mencapai hampir 1.600 orang selama libur Lebaran.

Sementara tingkat okupansi Kawasan The Nusa Dua pada bulan Maret 2023, tumbuh 82 persen dibandingkan Maret tahun 2022. Tingkat okupansi bulan Maret 2023 mencapai 60,25 persen naik dari tingkat hunian sebesar 33,11 persen pada Maret 2022.

“Sedangkan kunjungan wisatawan, yang didominasi oleh wisatawan manacanegara, pada Maret 2023 tumbuh sebesar 67,43 persen yaitu 62.973 orang dari 37.611 orang pada Maret 2022,” jelasnya.

Selama periode libur Lebaran, sambung Ardita, ITDC juga menyiapkan Posko Lebaran Seru yang berlokasi di Tourist Information Center (TIC) atau Bale Kulkul di Kawasan The Nusa Dua, yang beroperasi pada tanggal 18 hingga 30 April 2023.

Posko Lebaran Seru ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan layanan informasi lengkap terkait Kawasan The Nusa Dua kepada wisatawan dan pengunjung yang melakukan kegiatan wisata pada periode libur Lebaran.

“Kami berharap momentum peningkatan ini dapat terus terjaga sepanjang tahun ini seiring dengan semakin maraknya kegiatan kepariwisataan yang akan berlangsung di Bali, khususnya di kawasan The Nusa Dua,” tutup Ardita.