Tak Ada Laporan Anak Hepatitis Akut, Dinkes Tangsel Ingatkan Warganya Tetap Waspada
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan hingga Sabtu, 7 Mei, kemarin, pihaknya belum menerima laporan adanya anak yang terjangkit penyakit Hepatitis Akut.

"Belum ada yang melaporkan Penyakit Hepatitis Akut pada anak di Kota Tangerang Selatan," kata Kepala Dinkes Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar dalam keterangan tertulis, Minggu, 8 Mei.

Kendati demikian, Allin mengingatkan warganya untuk tetap waspada. Namun tenang dalam menyikapi pemberitaan yang berkembang.

"Kami menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang. Lakukan pencegahan hepatitis akut pada anak dengan rajin  mencuci tangan dengan sabun," katanya

"Kemudian pastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan dengan yang orang lain, hindari kontak dengan orang sakit, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan serta tetap melaksanakan protocol Kesehatan," sambungnya.

Dalam kesempatannya, Allin menuturkan jika anak memiliki gejala hepatitis untuk segera periksa ke fasilitas layanan kesehatan.

Adapun gejala-gejala hepatitis yang dimaksud yakni penyakit kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran.

"(Oleh sebab itu) Pemerintah juga meminta seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk menerapkan pencegahan  dan pengendalian infeksi, khususnya untuk infeksi virus dan jika menemukan kasus segera melaporkan ke Dinkes Tangsel," tutupnya.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline PSC 119 Dinas Kesehatan kota Tangerang Selatan melalui 119 atau (021) 756 71550 WA 0813 20656 119.